February 26, 2012

Soal Monetize Blog

Siapa yang nggak mau hobinya ngeblog mendatangkan uang. Begitu PR kita mencapai 3 job bisa datang dari mana saja. Tapi ternyata kita juga mesti pilih-pilih job yang datang. Terutama kalau mintanya banyak bayarnya so-so.
Jadi saya pernah beberapa kali menerima job dari advertiser lokal. Advertiser kecil sih jadi bayarannya juga kecil. Belum lagi ada potongan bayaran untuk biaya transfer/administrasi gitu ya entah saya lupa.

Namun sebagai blogger matre saya nggak membuang kesempatan ketika pertama kalinya datang email untuk ripiu perusahaan lokal. Pertama, memang salah teman yang saya titipin rekening. Rekening saya sendiri ada di BRI dan perusahaan penghubung advertiser dan publisher itu cuma menyediakan layanan pembayaran di bank-bank yang bukan termasuk bank saya. Jadi akhirnya saya nitip si teman.

Teman saya salah memberitahu nomer rekeningnya, dia mengsmskan nomer rekening temannya kepada saya di Bank lain (bukan bank yang saya isikan di biodata). Kelebihan perusahaan penghubung ini kita bisa set sendiri mau payout minimal berapa. Payout belum datang juga setelah dicek-cek teman saya. Tapi pihak penghubung mengkonfirmasi bahwa payout sudah dilakukan dengan nomer akun yang sama tapi bodohnya tidak atas nama akun teman saya. Jadi bayaran saya masuk ke rekening orang yang bernama Orindo bla bla bla. Padahal saya mencantumkan nama rekening itu atas nama sahabat saya - sebut saya Risa Kusumaningtyas (bukan nama sebenarnya).

Bodohnya kok bisa sampai salah kirim padahal jelas nama yang ditujukan untuk transfer beda. Mestinya kan mencancel dan mengirim email pengecekan bukannya asal saja mengirim meskipun namanya salah.
Karena kesalahan kedua belah pihak akhirnya saya mengalah.

Email repiu kedua datang dan saya kerjakan. Ketika tanggal dibayarnya sampai saya bersabar menunggu sampai tanggal 9 kemudian mengirim email memastikan. Mereka bilang pembayaran tanggal 5-10. Jadi oke saya tunggu sampai tanggal 10. tanggal 11 masih belum juga ada pembayaran. Saya kirim email lagi dan tanggapan mereka apa? Katanya uang saya masih belum mencukupi untuk payout.

Apa-apaan? Saya sudah mulai kesal. Bayaran saya yang 45.000 itu kok bisa belum mencukupi untuk pembayaran. Terus saja saya layangkan complain dan sindiran ke perusahaan berwenang yang njawabnya juga blibet itu. Uang kemudian berhasil ditransfer dan sampai ke rekening sahabat saya dengan selamat. Tapi saya jadi ilfil setengah mati pada perusahaan itu.

Bulan kemarin datang lagi email tentang perusahaan lokal yang mau saya review lagi. Tapi tidak juga saya terima atau beri tanggapan karena saya sudah lelah berurusan dengan perusahaan penghubung yang berbelit-belit, lelah dengan selalu ada masalah setiap berhubungan dengan pembayaran.

Itulah kawan, sangat penting untuk memilih perusahaan penghubung yang tepat. Kalau tidak hasilnya bukan membuat kita senang karena berhasil dapat bayaran dari blog, tapi malah sakit kepala karena stres ;)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...