May 27, 2016

MAU BERBELANJA ONLINE AMAN? INI TIPS ALA SAYA


Saat ini, kenyataannya banyak lho alasan untuk belanja online. Pasalnya segala sesuatu sudah bisa kita temukan dijual secara online dengan harga yang bersaing, bahkan seringkali malah lebih murah dari toko offline. Namun kadang, untuk berbelanja online kita jadi pikir ulang karena alasan yang pasti menjadi pertimbangan semua orang : keamanan.

Saya senang belanja online karena faktor praktisnya itu, jadi berikut ini tips sederhana ala saya untuk berbelanja online untuk menghindari kejadian tidak menyenangkan:

#1 Belanja di website yang sudah punya nama besar
Untuk mencari sebuah produk untuk kita beli, saat menjelajahi mesin pencari pilihlah dari situs belanja online yang sudah memiliki nama besar. Situs yang seperti ini telah memiliki banyak referensi dari customer-nya. Jadi, kalau kita ingin berbelanja melalui situs-situs tersebut tidak perlu khawatir barang tidak dikirim.

Jika situs tersebut masih baru, atau malah hanya berupa blog personal maka nyalakan lampu kewaspadaan kita. Nah cek dulu testimonial dari para pembeli yang bisa kita dapatkan melalui mesin pencari.

#2 Gunakan pc, laptop atau gadget pribadi untuk berbelanja online
Sebaiknya jangan berbelanja online melalui pc, laptop atau gadget lain yang digunakan bersama untuk berbelanja online. Contohnya gadget milik teman atau bahkan pc yang kita pakai dari warnet atau free use contohnya tempat yang menyediakan pc dengan sambungan internet untuk dapat digunakan para customer yang berkunjung.

#3 Gunakan sistem pembayaran yang aman
Jangan pernah membeli apapun dari situs belanja online yang tidak memiliki sistem pembayaran aman dengan menggunakan kartu debit maupun kredit kita. Mending jangan deh. Apalagi kita malah menyimpan data-data alat pembayaran kita di situs tersebut. Sasaran empuk banget dong kartu-kartu kita untuk dibobol. Jadi gunakan sistem pembayaran yang aman seperti transfer via ATM misalnya, kalau mager dan maunya yang praktis-praktis aja lebih oke kalau kita melakukan transaksi melalui alat pembayaran online. Alat pembayaran online lebih aman karena menjaga privacy kita, tidak beresiko kebobolan data kartu pembayaran yang terhubung dengan rekening bank kita karena sistem keamanannya dengan layanan keamanan berlapis dan memastikan proses berbelanja online kita benar-benar aman.

Alat pembayaran online juga meringkas transaksi belanja online kita dengan jauh lebih sederhanan, kita tidak perlu mengisi informasi tagihan setiap saat akan menyelesaikan proses belanja online dengan check out dan pembayaran, hanya terhubung dengan alat pembayaran online maka satu klik dapat langsung mengantarkan kita ke pembayaran. Tidak perlu deh mengisi form tagihan yang rempong itu.



1 comment:

  1. Tidak perlu repot dan melelahkan kalau belanja melalui online, tapi kita harus lebih hati-hati

    ReplyDelete