March 15, 2017

TIPS DASAR PADU PADAN PAKAIAN, MAU TAHU?


Namanya juga perempuan, sebelum kelihatan rapi dan enak dipandang sama diri sendiri di cermin kayaknya males ngapa-ngapain dan kemana-mana ya kan? Apalagi muslimah berjilbab, udah beberes setrika kerudung, gitu mau pergi atau ada acara biasanya masih disetrika ulang lagi biar nggak ada bekas kusyutnya, ya nggak? *sembari curcol*

Baca-baca tips berbusana sudah tentu bukan hal yang nggak pernah kita lakukan, saya inget deh sudah mulai suka nyimak tips padu padan baju tuh sejak abege buat ngakalin baju-baju saya yang kebanyakan kalau nggak model baju cowok dan pintaej alias vintage warisan emak sama tante.

Sebagai wanitaa emang punya kecenderungan untuk suka sama yang indah-indah, bersih, rapih sih... jangankan soal pakaian orang, sama pakaian sendiri aja bisa ribet mau pakai yang mana bingung sendiri. Padahal baju dua lemari tapi ngakunya nggak punya baju *uhuk* hayo siapa yang begini? Sudah tentu kita bakalan selektif memilih pakaian yang dipakai. Eh ada juga lho perempuan yang tetap penuh perhatian memilih baju meski hanya untuk bersantai di rumah. Ya memang nggak salah dong, ya siapa juga perempuan yang nggak ingin terlihat cantik meski sedang ada di rumah? Apalagi yang sudah menikah. Tentu semua perempuan pingin cantik kapan saja, namun baiknya kita paham cara berbusana.

Cara Berbusana yang Tepat 

Ada banyak macam tips dalam berbusana yang akan membuat kita kelihatan rapi, neat dan enak dilihat tanpa harus berlebihan sampek kelihatan kayak gantungan baju dan aksesoris. Tertarik? Simak yuk beberapa cara efektif berikut ini:

Model baju sesuai kondisi
Menentukan model baju merupakan cara pertama untuk memakai busana dengan tepat, intinya disesuaikan dengan kondisi. Baiknya pisahkan antara baju di rumah dengan baju di luar rumah, kemudian pisahkan secara lebih spesifik. Maksudnya sih antara baju tidur dengan baju santai di siang hari, antara baju kerja dengan baju pesta. Model baju sesuai kondisi memberi kesan pelakunya paham bagaimana menempatkan diri.

Ukuran yang pas

Soal ukuran pun jangan lupa untuk diberikan perhatikan lebih sebab dewasa ini banyak perempuan melalaikan masalah ukuran. Banyak diantaranya merasa nyaman menjadi diri sendiri tatkala memakai baju yang kelihatan kekecilan dan kekurangan bahan. Sayang sih, padahal kuran baju yang pas akan menunjukan seseorang berada pada taraf terhormat dan layak untuk dihormati. Menjadi diri sendiri memang penting akan tetapi ada batasnya supaya orang lain tetap nyaman dengan kehadiran kita. Kalau pakai baju kekecilan dua ukuran dan nggak mampu menutup kulit tubuh kita dengan layak adalah definisi kita tentang menjadi diri sendiri, mending pilih waktu menjadi diri sendiri kalau lagi ada di dalam rumah aja deh, jadi kebebasan berekspresi tetap kamu dapatkan.

Padu padan yang saling melengkapi
Berbusana tentu tidak lengkap tanpa aksesoris dan busana tambahan wajib lainnya, misalnya aja memakai kaos tentu butuh bawahan begitu pula sebaliknya. Menentukan padu padan yang tepat juga menjadi cara mengenakan busana dengan tepat. Terutama untuk padu padan pakaian, kita mesti paham kapan pas untuk memakai outer dan kapan tidak, demikian pula untuk jenis baju lain. Menentukan warna antara atasan dengan bawahan atau tambahan busana lainnya juga penting supaya terlihat harmonis. Penampilan pun terlihat rapi elegan dan tetep enak dilihat namun nggak berat dan berlebihan kayak gantungan baju dan aksesoris di mall ;p

Penambahan aksesori secara apik

Aksesoris adalah pelengkap penampilan yang dalam kondisi dan situasi tertentu menjadi kebutuhan wajib. Misalnya nih kita mau ke pesta dengan memakai salah satu koleksi gaun atau dress dalam lemari kita, tentu kita juga akan memerlukan sepatu formal yang serasi dengan dress yang kita pakai, nggak mungkin juga kan pakai sneakers yang warnanya mencolok dan nabrak banget sama baju? Aksesoris ini nantinya juga akan menunjang kenyamanan dalam menghadiri suatu kegiatan atau acara. Misalnya saja jika datang ke kantor tentu lebih nyaman menenteng tas besar buat tempat aneka printilan ketimbang datang dengan membawa dompet kecil. Penambahan aksesoris memang menjadi tips berbusana yang penting dengan catatan kadarnya tetep pas dan nggak berlebihan ya biar dapet kesan elegannya.

1 comment:

  1. Amasih belum terlalu bisa memadu padankan... Hehehe...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...