April 17, 2017

CARA MERAWAT WARNA CELANA JEANS AGAR TAHAN LAMA

pic source: pinterest
Dipikir-pikir kalau ditanya apa sih fashion item yang kudu ada di lemari kita? Kebanyakan orang pasti bakalan milih item-item berbahan denim ya, salah satu yang paling favorit tentu aja celana berbahan denim atau celana jeans. Ya kan? Coba deh pas lagi jalan ke mall atau tempat-tempat yang dikunjungi banyak orang, kita pasti bisa ngelihat perbandingan berapa banyak orang yang pakai celana jeans ketimbang celana bahan lainnya, sisanya mungkin masih pakai aplikasi denim juga sih buat pelengkap outfit.

Celana jeans sendiri juga punya banyak macem modelnya, ada yang model pensil press body hingga yang cut bray dengan model bawah yang longgar. Saat ini yang lebih banyak dipakai orang sih model pencil pants ya, memang deh item fashion yang satu ini termasuk jenis yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat tetapi banyak yang tidak tahu bagaimana caranya untuk mempunyai dan melakukan perawatan untuk jenis pakaian ini. Terutama untuk mempertahankan warna celana dari bahan jeans tersebut agar tidak mudah luntur dan dapat tahan lama. Beberapa cara untuk dapat merawat celana berbahan jeans yang bisa dilakukan adalah seperti berikut:

#1 Hindari menggunakan sikat

Kalau kamu pengin warna dari celana berbahan dasar jeans kamu lebih awet maka jangan sekali-sekali menggunakan sikat ketika mencucinya. Karena kalau sering disikat atau di gosok dengan keras warna celana tersebut bisa luntur dan perlahan terlihat kusam dan lusuh. Oleh karena itu apabila mencuci celana dari bahan jeans ini sebaiknya cukup dikucek dengan tangan secara perlahan dan lembut. Atau kamu juga bisa untuk menggunakan mesin cuci agar warnanya tidak berubah dan dapat bertahan lama.

#2 Gunakan air dingin untuk jeans berwarna gelap
Langkah kedua agar warna jeans yang dimiliki tetap awet adalah dapat untuk menggunakan air yang dingin. Untuk warna jeans yang gelap seperti hitam misalnya, kamu bisa untuk menggunakan air dingin ketika mencucinya. Hal ini dapat menjaga warna jeans tersebut sehingga tidak mudah berubah menjadi warna lain karena luntur atau terlihat lebih kusam. Sebaliknya untuk jeans yang bermotif dan bergambar, kamu harus mencucinya dengan air panas agar dapat menegaskan warna dari jeans tersebut. Setelah merendam dengan air panas kemudian cucilah dengan air cuka agar warnanya tetap awet dan tidak mudah luntur.

#3 Bijak memilih detergen
Saat mencuci jeans, perhatikan detergen yang digunakan. kamu tentu tidak boleh untuk menggunakan deterjen yang memiliki kandungan pemutih (apalagi benar-benar untuk pemutih pakaian) ketika mencucinya. Ini berlaku jika kita sudah benar-benar menyukai warnanya, kecuali kalau kita pengin berekspesimen dengan warna celana jeans yang kita punya ya. Soalnya ini bisa untuk warna celana jeans dan pakaian berbahan jeans lainnya dan membuatnya jadi pudar. Bahkan penggunaan detergen yang memiliki kandungan pemutih walau hanya sedikit juga akan membuat warna jeans menjadi tidak bagus lagi. Oleh karena itu pilihlah detergen yang cocok untuk mencuci pakaian dari bahan dasar jeans.

#4 Hindari menjemur di bawah terik matahari langsung
Langkah terakhir untuk dapat menjaga warna celana jeans agar tetap awet adalah dengan menjemurnya di tempat yang benar. Ketika menjemur celana dari bahan jeans tersebut sebaiknya tidak dijemur langsung dibawah terik sinar matahari yang terik karena justru akan membuat warnanya menjadi pudar. Selain itu hal tersebut juga bisa mengubah materi dari kain jeans tersebut menjadi kasar sehingga tidak akan nyaman digunakan. Maka dari itu lah penting sekali untuk memperhatikan baik-baik cara mencuci dan menjemur agar warnanya tidak cepat pudar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...