December 2, 2017

HIJUP BLOGGERS MEET UP X ARISAN RESIK SURABAYA: SESERUAN BARENG YANG DISELIPIN TIPS KELUARGA HARMONIS

 
Seneng banget pas dapat undangan ke acara Hijup Bloggers Meet up X Arisan Resik Surabaya. Lagian kayaknya nggak ada deh yang bakalan nggak seneng kalau diundang ke acara ecommerce fashion hijab paling keren ini.
Acara berlangsung hari Sabtu di Open Oven Bistro Maxone Hotel Tidar, pesertanya khusus cewek-cewek aja dengan dress code yang memiliki unsur hijau. Saya sempat bingung sih mau pakai baju warna apa, lah baju yang saya punya kebanyakan warna item. Satu-satunya ada hijau mint kok ya sayang dipakai buat cuaca hujan-hujanan kayak begini, pegel nyucinya kan :p Akhirnya asal comot aja gamis item dengan aksen motif bubble warna warni dan kerudung persegi dark mint. Sesampai di cafe hotel Maxone, mendung udah gelap banget tapi hampir semua peserta udah datang meskipun ada juga yang datangnya rada lama setelah saya datang.

Terus terang ini pertama kalinya saya masuk ke Open Oven Bistronya Maxone Hotel Tidar, ternyata tempatnya nyaman dan cozy banget loh. Memang ideal banget dipakai jadi tempat acara bloggers meetup kali ini. Ada area outdoornya juga lho, yang nggak kalah keren dengan desain bagian dalam, dengan catatan pas lagi nggak turun ujan aja sih. Toilet juga bersih jadi nggak usah galau kalau mau ke toilet eh toiletnya bau, becek dan kotor. Apalagi kita-kita semuanya cewek yang untuk urusan ke toilet aja bisa bawel dan dibelain nahan pipis daripada ke toilet yang kotor.
Peserta meetup dibagi menjadi dua meja memanjang yang diatasnya dihias dengan plang mini Hijup, bunga segar berwarna putih dan daunnya yang hijau segar dan sebotol Resik V Godokan Sirih, seger banget teman ijo-ijo gini. Senada dengan dress code yang dipakai oleh teman-teman Blogger untuk acara ini - semuanya muslimah berhijab yang hadir buat #HIJUPmeetupsurabaya. Serasi banget juga warnanya sama warna blog saya ini ya kan? *eheum*
Di depan kami sudah ada MC dan Hamidah Rachmayani beserta suami yang belum lama ini menikah. Jadi sebenernya nggak full cewek-cewek doang kok, ada beberapa pria yang juga hadir seperti crew dari Hijup yang mendokumentasikan acara, dan suami Hamidah - Farhad selaku narasumber pada awal segment acara. Pasti udah nggak asing lagi dong dengan Hamidah selaku the face of Hijup, model dari berbagai brand busana muslim serta host salah satu acara jalan-jalan di salah satu stasiun televisi swasta. Mereka adalah narasumber acara meet up dan #HIJUPevent kami kali ini dengan tema keharmonisan keluarga.

Sebenarnya acara nggak sekaku itu kok, ketimbang bersikap dan berbicara seperti narasumber keduanya lebih ke sharing dan ngobrol bareng dengan semuanya yang hadir. Karena tentu teman-teman Blogger yang hadir dalam acara #HIJUPbloggersmeetup ini berasal dari berbagai lingkup usia. Dari mulai yang masih muda dan single, baru menikah seperti pasangan narasumber yang masih masa bulan madu, belum lama menikah hingga yang pernikahannya sudah berumur puluhan tahun sehingga bisa kita anggap senior dalam urusan rumah tangga. Sudah makan banyak asam garam ibaratnya dalam kehidupan pernikahan beliau :) Itulah makanya disesi ini lebih banyak sharing dan ngobrol bareng yang tentunya dimaksudkan untuk upgrade ilmu bareng juga biar sama-sama belajar gitu :D
Ada beberapa tips yang dibagi Hamidah dan Farhad terkait tips keluarga harmonis, yaitu komunikasi yang terbuka antara keduanya. Farhad mengaku sudah mewanti-wanti Hamidah agar selalu sudah bersih dan wangi setiap suami pulang kerja dan tidak memakai daster, karena Farhad sendiri mengaku tidak menyukai melihat istri dalam balutan daster. Namun, tidak hanya istri saja yang wajib tampil menarik sesuai keinginan suami, istri juga berhak lho mengoreksi penampilan suaminya. Misalnya Hamidah kurang suka jika Farhad mengenakan kaus hitam, padahal sebagian besar kaus Farhad berwarna hitam, maka Farhad meminta Hamidah yang memilihkan baju-baju yang dia suka jika Farhad mengenakannya. 

Untuk urusan menjaga kebersihan dan kecantikan fisik juga begitu, tidak hanya istri saja yang wajib cantik, kinclong dan terawat dong. Suami juga memiliki kewajiban yang sama untuk memanjakan pandangan istri dengan merawat kebersihan diri dan berolahraga sehingga terhindar dari perut buncit khas bapak-bapak - misalnya saja. Sehingga keduanya dapat menjadi penyenang bagi pandangan masing-masing. Jadi nggak apa-apa juga kalau ibu-ibu yang hadir protes pada berat badan suami yang terus naik hingga jauh dari ideal dan kebiasaannya yang malas untuk mandi dan merawat kebersihan diri.

Sejak sebelum menikah, Farhad mengaku sering mengamati kehidupan pernikahan orang-orang yang dia kenal dan membaca buku-buku terkait membina rumah tangga yang harmonis, dan kesimpulannya ada 3 hal yang bisa menyelamatkan keharmonisan suami istri, yaitu:
#1 Hubungan suami istri (mempengaruhi sebanyak 50%)
#2 Ekonomi (mempengaruhi sebanyak 30%)
#3 Perselingkuhan (mempengaruhi sebanyak 20%)
Mengingat hal pertama, yang paling besar pengaruhnya dalam keharmonisan suami istri adalah hubungan suami istri atau seks, maka bersamaan dengan itu sangat penting untuk menjaga kecantikan fisik seperti yang telah diutarakan dan menjaga kebersihan organ intim. Karena cantik yang sejati bukan hanya tampilan luar, namun juga bersih. Terutama sangat penting menjaga kebersihan kewanitaan, mengingat organ intim wanita memang lebih rentan dibandingkan dengan pria karena kondisinya yang lebih dekat dengan saluran pembuangan.

Hamidah cerita pengalamannya sebelum menikah yang kurang aware terhadap betapa pentingnya menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Melihat sang ibu menggunakan sirih untuk menjaga kebersihan kewanitaannya, Hamidah mengaku tidak banyak bertanya karena sungkan dan malu. Merasa belum saatnya dan berpikir bahwa itu nanti saja jika dia sudah menikah. Padahal menjaga daerah kewanitaan sangat penting karena bagian dari kesehatan seorang wanita juga. Sementara area kewanitaan adalah area yang sangat sensitif dari tubuh wanita, pengabaikan dalam menjaga kebersihan dan gaya hidup sehari-hari yang kurang higienis dapat menyebabkan gangguan pada organ kewanitaan kita salah satunya adalah #keputihan.

Makanya sangat perlu untuk menjaga kebersihan kewanitaan bahkan meskipun seorang wanita masih single dan belum menikah, demi kesehatannya pribadi. Keputihan memiliki beberapa tingkatan, dari yang ringan sampai kasus berat yaitu ketika keputihan yang diderita kental dan berbau. #Mengatasi keputihan dengan kasus ringan maupun berat tentu membutuhkan konsultasi dari dokter spesialis yang ahli dibidangnya. Sementara untuk tindakan preventif dan kebiasaan baik yang harus kita lakukan setiap harinya adalah menjaga higienitas dari daerah kewanitaan.

Berikut ini bisa menjadi catatan kita:
#1 Rajin mengganti pakaian dalam sehari sedikitnya 2x ketika sudah dirasa tidak nyaman
#2 Mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali agar menghindarkan timbulnya jamur dan bakteri
#3 Membasuh organ kewanitaan dengan benar jika ke toilet yaitu dari depan kebelakang bukan dari belakang ke depan untuk menghindarkan pindahnya bakteri dari bagian pembuangan ke kewanitaan.
#4 Mengeringkan dengan baik setelah usai menggunakan toilet sehingga pakaian dalam dan kewanitaan tidak terlalu lembab dan basah. Kewanitaan yang terlalu lembab dan basah selain menyebabkan rasa tidak nyaman juga dapat memicu keputihan.
#5 Membersihkan organ kewanitaan dengan Resik V godokan sirih secara rutin yaiti satu hari dua kali disaat mandi, yang paling penting dan dianjurkan adalah penggunaannya ketika masa menstruasi atau haid.
Untuk obrolan tentang cara yang benar dalam menggunakan godokan sirih serta saat-saat harus menggunakannya dijelaskan lebih lanjut oleh spokeperson dari Resik V yang sarat dengan pengetahuan baru terkait tips-tips merawat daerah kewanitaan dan menjaga kebersihannya. Berikut dengan product knowledge Resik V Godokan Sirih sendiri yang merupakan produk alami dan secara empiris sudah terbukti memiliki kandungan antiseptik alami sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Daun sirih bermanfaat untuk menghambat bakteri, bukannya membunuh bakteri sehingga tetap menyeimbangkan PH ideal daerah kewanitaan. 

Resik V Godokan Sirih bukan sabun namun berasal langsung dari rebusan air sirih yang dibotolkan sehingga bisa digunakan setiap saat dan dibawa kemana-mana dengan praktis. Resik V Godokan Sirih juga sudah teruji klinis mampu membunuh 100 persen jamur di daerah kewanitaan, berbeda dengan bakteri yang harus dijaga keseimbangannya, tidak boleh ada jamur yang berdiam di area kewanitaan kita.

Cara pakainya sangat mudah: basuhkan di area kewanitaan kemudian bilaslah dengan air bersih.

Kalau dirangkum ada dua poin penting yang bisa kita garis bawahi terkait sharing hari ini:
#1 Berusaha menjaga keharmonisan rumah tangga dengan merubah kebiasaan dan penyesuaian pada pasangan
#2 Pentingnya menjaga kebersihan daerah kewanitaan

Teman-teman blogger yang hadir nampak antusias dan membuat catatan terkait sharing session hari ini.
Iya, saya nggak pernah nggak nyatet setiap kali ada event-event menarik seperti ini. Penting banget biar nggak lupa dan nanti bisa dibaca ulang biar nggak ada bagian penting terlewat untuk dibagi ke teman-teman semuanya :) Kalau memilih pakai manual ya biar nggak ribet aja kalau mau nulis cepet dan nggak perlu bingung kalau baterai udah tinggal dikit, catetan tetep jalan ;)

Kalau teman-teman lebih suka nyatet manual di planner kayak saya atau pakai smartphone?
Dibuka juga sesi tanya jawab loh, dan foto diatas ini teman-teman yang bertanya di sesi tanya jawab dan mendapatkan hadiah dari HIJUP dan Resik V. Selamat ya! Duh mukanya glowing happy! :D

Sebelum lanjut acara berikutnya, team panitia mempersilakan kami untuk menikmati makan siang prasmanan yang sudah disediakan. Yep all you can eat, tapi makannya tetep nyaman karena bisa duduk. Makanannya juga edible, apalagi mushroom creamsoupnya yang enak banget dan bikin perut anget saat diluar ujan lagi deres-deresnya.
Habis ini acaranya apa lagi ya?
Nggak lama setelah makan siang dan duduk kekenyangan sambil mengobrol dengan teman-teman blogger yang hadir, akhirnya terjawab deh agenda berikutnya apa.
Ternyata workshop lettering! MasyaAllah menarik banget. Pengajarnya dari komunitas @sub_lettering atau komunitas lettering di Surabaya yang langsung membagikan kepada kami alat-alat lettering berupa watercolor, kuas, kertas, air dan lembaran contoh lettering dan tes warna yang akan diajarkan.
Udah lama deh saya pengin ikutan workshop lettering karena sadar banget skill lettering saya yang ala-ala alias ala kadarnya, abal-abal dan acakadul ini. Seneng banget dan nggak nyangka akhirnya kesampaian juga ikutan workshop lettering diacara #HIJUPbloggersmeetup ini for free!
Ini saat teman-teman dari sub_lettering mengajar kelas singkat lettering, berikut dengan bagaimana membedakan antara kaligrafi dan lettering yang biasanya kebanyakan orang menilai kedua hal itu nggak ada bedanya. Di workshop ini nambah lagi pria-pria yang hadir dari komunitas sub_lettering dan jangan tanya deh gimana tulisannya mereka, kece parah pokoknya mah.
Kalau foto ini waktu kami harus belajar basic drill dan menggambar huruf dengan tebal tipis sesuai contoh. Ini hasil tulisan saya yang pada saat ini nggak jelek-jelek amat lah ya.
Hasil lettering akhir yang saya bikin satu kalimat kok ya malah saya lupa fotoinnya :( Hehe. Tapi yang jelas happy banget sudah dapat banyak ilmu dari acara hari ini, tentang relationship tips, kesehatan kewanitaan dan basic lettering. Wow banyak banget untuk ukuran durasi pertemuan yang hanya berlangsung sekitar 4 jam saja. Dapet hampers yang cantik banget masyaAllah ini juga dari HIJUP dan Resik-V. Gift dari HIJUP ini, selain cantik juga berkualitas dan bahannya nyaman banget buat dipakai. Aww thank you so much! ^^ Semoga sering-sering ya *eh.
Buat teman-teman muslimah berhijab, atau yang baru mau mulai berhijab atau yang lagi coba-coba belajar berhijab... dan butuh busana muslimah buat daily, ngantor, ke pesta atau acara apapun yuk pilih-pilih dan belanja di Hijup.com. Apapun fashion yang sesuai dengan kepribadian kita ada lho. Dari yang casual, edgy, formal, feminine ada semua mulai dari kemeja sampai tunik, dress dan abaya banyak banget pilihannya. Anti kudet karena hasil dari rancangan brand-brand dan desainer ternama.

Nggak kemahalan kok, karena dengan voucher potongan belanja di HIJUP.com dibawah ini, teman-teman bisa dapet discount Rp 50.000 dengan minimum pembelanjaan Rp 250.000 saja.
Ini dia kode vouchernya:
HIJUPBMUSURABAYA
Masa berlaku kode voucher masih sampai 31 Januari 2018 kok, bisa pilih-pilih dulu biar nggak galau berkepanjangan mau checkout yang mana ;)

No comments:

Post a Comment