April 11, 2016

TIPS UNTUK TERUS TERMOTIVASI MENJALANI PEKERJAAN YANG TIDAK KITA SUKAI


Betapa dunia akan menjadi tempat yang menyenangkan jika kita berada di posisi dan karir yang memenuhi semua kriteria dan keinginan kita akan pekerjaan impian?

Namun sayangnya, kenyataan tidak selalu sejalan dengan keinginan kita yang berarti banyak dari kita yang harus bertahan dalam sebuah pekerjaan yang membuat kita merasa lebih dari sekadar kelelahan. Memang bisa jadi menantang buat kita, namun itu hanyalah bagian dari keseluruhan proses. Yang terlihat terkadang malah, kita membutuhkan pekerjaan yang tidak terlalu menarik itu untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya kita cari atau menganggapnya sebagai bagian dari batu loncatan menuju kepada impian kita yang sebenarnya.

Dalam kondisi tertentu kita juga dihadapkan untuk harus tetap meneruskan pekerjaan atau posisi yang kita sebenarnya kurang suka. Tidak ada salahnya jika kita tetap fokus dan memotivasi diri sendiri ketika pekerjaan kita mulai menghadapkan kita pada kebosanan misalnya, dengan berusaha yang terbaik. Jadi berikut ini beberapa tips agar kita dapat tetap bertahan dalam pekerjaan yang kita rasa tidak menjadi bagian dari passion kita:

Berusaha yang terbaik

Memang sepertinya begitu mainstream. Namun betapa pekerjaan yang kita jalani tidak sesuai dengan impian kita adalah hal yang tidak perlu orang tahu. Hal terburuk adalah kita berlaku bahwa kita tidak menyukai pekerjaan kita atau bahkan membencinya meskipun itulah hal yang sebenarnya yang kita rasakan. Jadi tetap tenang, fokus dan usahakan yang terbaik sesuai dengan kemampuan kita meskipun di dalam hati kita well yah itu tentu tidak nyaman.

Cari kesempatan lain

Ketika kita bekerja pada pekerjaan yang tidak kita sukai, tentu sangat mudah untuk merasa tidak termotivasi serta tidak terispirasi. Karena itu jika kita tidak benar-benar menyukai apa yang sedang kita kerjakan maka sungguh terasa berat untuk menjalani hari hingga jam pulang kantor tiba.

Jika kita merasa demikian maka terserah bagaimana kita untuk mengidentifikasi dan mendapatkan kesempatan baru yang akan membuat kita merasa puas terhadap apa yang kita lakukan saat jam kerja. Mungkin kita bisa bicara dengan atasan, bertanya mengenai kemungkinan akan adanya proyek baru, posisi kosong di lain departemen dan lain sebagainya. Jika memang ada dan kita tertarik, maka jangan ragu untuk meyakinkan atasan bahwa kita akan menjadi asset perusahaan yang lebih menguntungkan lagi jika kita direkomendasikan untuk mengisi peluang tersebut.

Memilah-milah

Memang pekerjaan kita menyita sebagian besar waktu kita dalam sehari-hari. Karena itulah kita tidak bisa membuang-buang waktu kita dengan terobsesi betapa kita tidak menyukai posisi kita saat ini. Hal itu tentu saja justru malah akan membuat kita lebih frustasi dan stress lagi. 

Karena itu selesaikan semua pekerjaan yang ada dengan seoptimal mungkin sehingga tidak membebani kita ketika berada di rumah. Selesaikan dan tinggalkan perasaan kurang enak itu di tempat kerja tanpa harus kita bawa pulang.

Stay Positive

Sekali lagi, memang ini klise namun yah ini sangat perlu untuk kita tanamkan dalam diri kita. Tetap tegak dan berpikir positif. Jika kita merasa berada di pekerjaan yang kita sukai, kita tidak sendirian kok… banyak orang yang juga merasakan hal yang sama dengan yang kita rasakan. 

Teruslah berpikir positif dan tetap berusaha hingga kita mendapatkan kesempatan yang lebih cemerlang berikutnya. Karena ingatlah segala apa yang kita kerjakan saat ini meskipun bukan bagian dari impian kita namun jika kita kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh akan memberi kontribusi positif pula pada apa yang akan datang kedepannya. Rekomendasi karir dan networking misalnya?

4 comments:

  1. Terima kasih mbak atas tipsnya, kebetulan sekali saya sedang mencari tips seperti ini :)

    ReplyDelete
  2. 4 tips yang perlu diterapkan nih biar kita terus termotivasi mnjalani pekerjaan. Terima kasih mbak buat tipsnya.

    ReplyDelete
  3. Ya..saya bs merasakan keadaan seperti itu, bertahan dg pekerjaan yg kurang nyaman kita jalani.

    ReplyDelete
  4. mbak niiiin how are you? hihihih makin cute aja nih desain blognya huhuhu pengen. btw mbak, awalnya aku juga takut kalo aku bakalan benci sama pekerjaan aku nanti karena sampai sekarang Farmasi is not my passion, tapi yaudah lah ya aku bakalan stay positive dan bakalan tetep berusaha menjadikan profesiku nanti sebagai profesi yg bakalan memajukan keluargaku <3

    ReplyDelete