February 13, 2017

GOOD BYE, ALEXA


Sekitar dua bulan lalu pas buka sosmed, ada teman yang share status mengenai Alexa-nya yang kayaknya sedang kena error atau apa, saya inget saya sempet baca komenan status si teman. Ada beberapa yang ngomong kalau Alexa mereka juga sedang error dan nggak bisa berfungsi serta menunjukkan angka peringkat seperti biasanya.

"Iya kah?" saya heran sih, kemudian ngecek blog saya sendiri di bagian widget Alexanya, wah nggak kenapa-napa tuh baik-baik aja. Mungkin lagi maintenance atau update atau apa gitu kali ya makanya beberapa temen ada yang kena dampak berupa errornya.

Saya balik lagi buka sosmed di status teman saya yang juga blogger itu dan nemuin kalau ternyata status dia udah rame aja yang komentar. Ada yang komen kalau memang Alexa sudah mengubah kebijakannya bahwa menggunakan Alexa sudah nggak seperti dulu lagi karena bakalan diberlakukan kebijakan berbayar.

Eh serius bakalan kudu bayar kalau pakai Alexa? Lewat obrolan tanggapan di status itu saya tahu beberapa teman udah nyopot widget Alexa dari blognya masing-masing. Karena nampaknya widget Alexa di blog saya nggak ada masalah apa-apa, ya sudah saya nggak utak-atik sih selagi masih nampak baik-baik aja. Emang angkanya jadi rada gede dikit nggak masalah lah ya saya memang lagi jarang update belakangan ini kan. jadi wajar aja kalau gendutan dan angkanya jadi gede karena viewer juga turun.

Beberapa hari kemudian saya merutinkan update dan lebih sering lagi menulis. Alexa saya masih baik-baik saja sih, dan susut sedikit. Nampaknya diet berhasil ya. Nah terus akhir-akhir ini saya kena penyakit malas update karena merasa uninspired dan badan tuh nggak ada berasa semangat-semangatnya sama sekali. Alexa naik rada banyak sih sebenernya saya nggak kaget, cuma habis itu terutama sih mulai awal januari jadi cepet banget ih naiknya. Udah saya tanggulangi dengan rajin update dan share tapi tetep loh gendutnya cepet banget. Ngelihatnya aja bikin saya jadi mayan stress pengin klik tiket pesawat terus ngabur ke Ubud Bali Indonesia.travel biar ademan dikit ngelihat pemandangan dan nuansa Ubud yang tenang. Kok mendadak mikirin Ubud ya habis baca ulasan indonesia.travel soal Ubud, kayaknya gara-gara saya habis baca bukunya Jenny Jusuf yang soal Bule Bali itu deh dan oh ya Ollie bikin saya inget kalau Ubud adalah tempat yang menjadi setting Eat, Pray, Lovenya Elizabeth Gilbert.

Angka ranking Alexa di semua blog yang saya kelola juga jadi overweight, nggak cuma saya doang ternyata... kebanyakan teman-teman yang masih pakai widget Alexa juga ngerasa mendadak jadi jutawan *istilahnya Pakdhe Cholik* karena sebelumnya naik turun di angka ratusan ribu eh mendadak aja jadi jutaan. Saya ngobrolin ini juga via messenger bareng teman blogger dan saya dapat info kalau memang Alexa lebih 'mengurusi' pengguna yang pay for their service dibanding yang pengguna jasa gratisan kayak saya gini. No wonder jadi gendud nggak terkendali.

Saya memutuskan untuk sementara mencopot widget Alexa di semua blog yang saya miliki, karena untuk sementara ini kayaknya belum bisa dan perlu pakai yang paid-nya. Belum tahu juga sampai kapan. Good bye for now dear Alexa. Terima kasih atas pengalaman pemakaian dan wawasannya.





9 comments:

  1. Berarti sekarang fokus di DA aja kalau gitu ya mbak? Bagus lah, gak terlalu banyak yang dipikirin :D

    ReplyDelete
  2. Aku duluuu sempet ngikuti tp nggak bener2 tau fungsinya, selain stress kalo pas alexa menggendut hahaha...

    ReplyDelete
  3. ngga tau sih ya mba, sekarang jarang banget yang liat alexa rank, soalnya toolsnya emang bisa 'dimanipulasi' hahaha. mending fokus ke DA dan PA aja, sekarang rata-rata pada pake ituh

    ReplyDelete
  4. Jadi inget maen ke ubud malah dapetnya zonk karena waktu itu lagi haid jadi gagal masuk ke hutan wenara wana huhu, terus kejebak di starbuck...tapi emang kuakuin ubud keceh ngets....banyak spot kerajinan bali ama jalannya tu puanjaaaaang buanget, kanan kiri kafe2 hits


    Hahhahahah alexa,...aku ud copot sejak lama, klo liat makin menggendut aku stress soalnya wakakka

    ReplyDelete
  5. aku ga pernah cek lagi hihii...DA PA aja yg kepantau

    ReplyDelete
  6. Tapi udah bisa rada susut dikit nih nind..aku gendat jugaa nind

    ReplyDelete
  7. saya udah g pakek alexa mbak
    kmrn katanya sudah berubah ke pa dan da ya???

    ReplyDelete
  8. Masih error atau sudah ga error lagi?

    ReplyDelete
  9. Pengalaman pake Alexa, dulu pernah sampai paling tinggi sekitar 150-an ribu. Abis itu rombak total jadinya turun dan sampai sekarang ga pernah diperdulikan lagi angkanya mau berapa. Hahahaha...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...