Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

May 13, 2017

DESAIN RUMAH MINIMALIS YANG BIKIN PENGHUNINYA BAHAGIA


Jadi karena lagi menganggarkan untuk renovasi rumah dan akan berlangsung dalam waktu dekat ini, saya jadi lagi seneng membaca artikel seputar rumah dan properti. Saya lagi suka desain yang minimalis tapi hangat dan vintage, jadi bukan yang minimalis futuristik modern gitu ya. Nggak tahu sih suka aja gitu, belum mulai renovasi aja saya udah kebayang kok mau diapain nantinya terutama workspace saya.

Iya udah ngetag in satu ruangan duluan buat jadi working space bhahahha. Rasanya antusias karena bakalan punya working space sendiri. Selama ini tuh working space saya jadi satu sama kamar jadi udah kebayang kan gimana jadinya kamar yang ditempati dua orang dengan barang segambreng plus working space yang lebih sering berantakan sesiangan sampek menjelang malem dan baru beres pas maleman. Jadi dulu suami pernah bilang kalau rumah yang bakalan kami tempatin itu kegedean buat kami. But I don't think so. Ruangannya pas-pas aja kok, kamar tamu mah satu aja ya nggak usah kebanyakan. Serem justru banyak-banyak kamar tamu tapi jarang ada tamu malah nggak ada yang pakai. Mendingan mengoptimalkan semua ruang yang ada untuk dipakai biar semuanya difungsikan.

Anyway, emang banyak hal yang dilakukan oleh para pemilik rumah baru untuk rumahnya, bahkan mulai dari perencanaan demi mendapatkan desain rumah minimalis yang nyaman dan menyenangkan. Fenomena jual beli rumah juga macam-macam, bisnis properti perumahan di Jakarta yang mungkin mulai susah lahan sudah perlahan meluas ke Jawa Barat, membeli rumah dari agen jual rumah Bandung contohnya saat ini memang menjadi hal yang cukup trend di kalangan masyarakat. Banyak dari mereka yang berlomba-lomba untuk mendapatkan rumah dengan tipe minimalis. Rumah dengan tipe ini lebih disukai oleh masyarakat karena bentuknya yang simple dan mudah untuk ditata, dibersihin. Biasalah orang jaman sekarang kan makin suka sama ringkes dan anti ribet ya kayak saya gini.

Penataan rumah atau desain rumah minimalis yang tepat selama sesuai dengan selera akan membuat pemiliknya lebih bahagia. Ya memang sih susah juga untuk menilai kebahagiaan tapi bener kok ini menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan mendekorasi pada rumah baru menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Kenyamanan dan kebahagiaan pemiliknya tentu adalah hal paling penting dong dalam sebuah rumah, ya kan? Pendapat saya sih, rumah terbaik akan selalu mampu membuat penghuninya betah tinggal di rumah.

Mau pindah ke rumah baru juga? Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan desain rumah minimalis yang nyaman dan menyenangkan. Apa aja?

Warna Cat Dinding
Warna merupakan salah satu elemen unik yang bisa secara tidak sengaja merubah siapapun yang melihatnya memiliki perasaan yang digambarkan oleh sebuah warna. Maka nggak heran bila pemilihan warna car dinding menjadi hal yang cukup penting saat kamu melakukan dekorasi. Ada dua warna di dunia yang memiliki karakteristik untuk meningkatkan kebahagiaan yang melihatnya atau yang ada disekitarnya, yaitu warna kuning dan hijau muda. Kedua warna ini merupakan warna yang paling umum ditemukan untuk warna cat dinding dalam rumah. Apa warna yang kamu pengin untuk cat dinding? Kalau saya sih pengin warna-warna basic seperti warna putih dan warna soft grey hehe :D

Hiasan Bunga

Kehadiran tanaman atau bunga segar di dalam rumah akan memancarkan perasaan bahagia. Selain itu meletakan bunga di dalam ruangan juga akan memberikan kesan yang alami dan segar di dalam rumah. Kamu tidak akan merasa bosan dan pengap ketika di dalam rumah terdapat tanaman atau bunga yang indah. Makanya saya berencana masukin taneman juga dalam rumah, mungkin kaktus dan sejenisnya yang perawatannya nggak susah dan nggak harus disiram-siram terus.

Foto
Kalau biasanya meja digunakan untuk meletakan hiasan barang-barang antik atau tumpukan majalah dan buku bacaan, mulai saat ini cobalah untuk menggantinya dengan foto-foto keluargamu. Ada penelitian yang menyatakan bahwa ketika seseorang melihat foto-foto kenangan atau foto-foto lama, mereka akan merasakan aura positif dan tenang. Bagi kamu yang tinggal jauh dengan keluarga hal ini bisa menjadi obat rindu, dan pengingat memori kebersamaan kalian. Nggak perlu ribet mikirin foto kayak gimana yang mau dipasang, foto biasa aja dari kamera hape yang di print juga bisa kok ;D

Aromaterapi
Wewangian berupa aromaterapi atau lilin aromaterapi akan membuat kamu tenang. Setelah melalui aktivitas yang berat selama seharian penuh, tentu kamu harus merilekskan badan dan pikiranmu di rumah bukan? Selain itu ada aroma lilin tertentu yang memiliki manfaat untuk meningkatkan semangan dan gairah bahkan mood yang selama perjalanan pulang ke rumah memburuk karena macet bisa menjadi baik dengan menghirup aroma segar di rumah.

Binatang Peliharaan
Kamu tentu sudah mengetahui bila binatang merupakan teman manusia yang cukup baik. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa binatang peliharaan bisa memberikan kamu dukungan dan semangat yang sangat berarti lho. Paksu juga berencana mulai lagi pelihara kelinci nanti kalau udah pindahan.

Pengharum Ruangan
Desain rumah minimalis sebaik apapun bila memiliki aroma dan udara yang tidak baik, pasti kuran mantap ya nggak? Solusi yang mudah yang bisa kamu lakukan ialah dengan meletakan pengharum ruangan. Pilih pengharum ruangan yang memiliki aroma bunga atau aroma segar yang kamu sukai entah bunga atau buah-buahan kalau saya sih suka wangi apel karena bawaannya seger aja. Sebagian besar orang mungkin belum tahu bila reseptor yang ada di hidung terhubung dengan otak, hal ini akan menentukan emosi yang kamu keluarkan. Aroma wangi bunga yang segar bisa meningkatkan perasaan tenang dan bahagia.

Kondisi Tempat Tidur
Tempat tidur merupakan tempat dimana kamu akan beristirahat. Maka tidak etis rasanya bila tempat kamu beristirahat tidak diperhatikan dengan baik saat melakukan dekorasi. Kamu bisa membuat desain rumah minimalis dengan kamar – kamar yang rapih dan nyaman bagi pemiliknya. Tahukah kamu bila kebiasaan seseorang untuk membereskan, merapikan dan menata kamar tidurnya pada saat pagi hari akan merasa lebih bahagia? Kalau saya mau tidur dan kamar sedang dalam kondisi messy juga kadang keikut cranky sih...

Tidak Banyak Barang

Kalau kamu membeli rumah full furnished di agen jual rumah Bandung, pastikan untuk memilih dan membeli rumah yang nggak terlalu banyak perabotan. Hormon stress yang dimiliki oleh wanita cenderung akan meningkat ketika perabotan di dalam rumah banyak. Semakin banyak barang di dalam rumah, maka semakin stress pula terutama yang udah terbiasa nggak jadi hoarder barang dalam rumah kayak saya. Umumnya rumah yang memiliki banyak perabotan cenderung berantakan dan sulit untuk dirapikan, meskipun bisa rapi tidak akan bertahan lama.

Melakukan dekorasi untuk mendapatkan desain rumah minimalis yang menyenangkan memang sih nggak bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun bila kamu sudah ngeh sama hal-hal diatas maka kamu akan sedikit lebih paham bagaimana cara membuat diri sendiri nyaman di rumah. Tentunya jangan berlebihan melakukan perbaikan atau dekorasi di dalam rumah ya! Semakin ramai dekorasi, justru akan membuatnya tampak kehilangan estetika. Hias dengan peranti yang simple dan sederhana aja, oke? Boleh rame sepanjang nggak bikin rumah kita kayak toko furniture, full barang :D

2 comments:

  1. mba dulu rumahku cat interiornya soft grey, terus dikomentarin tetangga, "kaya rumah belom jadi ya" :'D

    ReplyDelete
  2. Hemmmmm besok kalau aku nikah mau rumahnya yang minimalis tapi nyaman gitu ahh. Enggak mau rumah gede gede nanti banyak penghuni tak diundang #ups #anaknyaantihorror

    House tour rumah barumu dong kakninnn

    ReplyDelete