Featured Post

CARA MENGISI DAYA POWER BANK YANG BENAR

May 2, 2017

BANYAK POSTINGAN BERPENGARUH KE DOMAIN AUTHORITY?


Pertengahan bulan ini, waktu update authority seorang teman nanya ke saya soal penurunan domain authority blog saya yang paling tua: www.listeninda.com. Menurunnya juga lumayan banyak pula.
"Kok bisa ya turun banyak gitu?" tanya dia ke saya.
"Iya, aku juga nggak tau. Tapi ya alhamdulillah sih nggak anjlok-anjlok amat, semoga bulan depan baikan," kata saya, ngarep haha.

Ini memang cuma hipotesis saya sih, melalui pengamatan naik turunnya DA PA blog-blog saya sendiri. Cuma rasanya banyak posting membawa pengaruh dalam domain authority baik penurunan maupun peningkatan. Jadi misalnya kita lagi jarang posting nih palingan 1-8 aja padahal bulan-bulan lalu rajin banget posting sampek rata-rata postingnya bisa sehari sekali nah jarak gap posting yang lebar banget ini bisa pengaruh ke turunnya DA. Kalau kemarin-kemarin saya rajin banget posting dan sebulan belakangan justru enggak, tuh saya udah mulai was-was nunggu update DA PA. Kalau bisa sih yang gap-nya jauh saya tambahin artikel-artikel biar nggak jauh amat gap jumlah artikelnya sama bulan-bulan lalu demi kestabilan DA PA.

Apa postingan yang banyak bisa mempengaruhi kenaikan DA PA?
Sangat bisa.

Saya masih ingat waktu blog berniche personal saya Listeninda, alhamdulillah sedang banyak task artikel yang jatuhnya saya juga jadi nulis banyak banget sementara kebutuhan untuk menulis artikel personal juga banyak, jadi makin gembung lah arsip bulan itu. Jumlah artikel sampai lebih banyak daripada jumlah hari dalam satu bulan. Berdasarkan pengalaman saya yang sebelumnya kalau nulis banyak berarti DA PA kemungkinan bisa naik ternyata nggak terbukti pas update DA PA berikutnya. Nilai blog saya malah turun cukup banyak, 3 poin kalau nggak salah inget.

Ngelihat itu gimana ya rasanya? Kayak patah hati pas lagi berharap-berharapnya gitu deh.

Jadi kudu gimana dong?
Lagi-lagi ini berdasarkan kesimpulan yang saya ambil selama mengelola dan memperhatikan performa blog-blog saya sendiri.

Yang paling pentingmenurut saya adalah konsisten, konsisten jumlah postingnya dalam rata-rata per bulan. Kita nggak perlu nulis banyak banget untuk mendapatkan DA PA yang naik drastis, cukup konsisten saja. Kalau sanggupnya nulis 6 per bulan ya jaga aja ritmenya angka 6 itu. Kalaupun harus naik atau turun ya sebisa mungkin jangan terlalu drastis biar DA PA cenderung stabil, naik perlahan lebih baik sih meskipun butuh waktu dan terhindar dari terjun bebas.

Gitu sih berdasarkan pengamatan saya ke blog-blog yang saya kelola. Mungkin beda dengan blog-blog teman-teman juga. Jadi kalau menurut kamu bagaimana? Sharing yuk terkait posting dan ngaruhnya ke DA PA :D

6 comments:

  1. Iya mbak, aku pun kalau ngeblog n BW biasa-biasa aja malah cenderung naik atau stabil DAnya. Cuman sekarang bingung cara nurunin spamscore, tau gak mbak gimana?

    ReplyDelete
  2. Baikless.. konsisten, trimakasih pencerahannya guru wakakakka... jangan jangan post ini buat nambah jumblah juga hahhaa.. tapi kerenlah blog blogmu ;)

    ReplyDelete
  3. Jujur, saya belum ngerti tg Domain Authority.

    Sadar banget, rutinitas ngeblog masih alakadarnya..

    Jadi, masih bnyak hal yg saya blm ngerti tg dunia blog dan istilah2 di dalamnya

    Ya semoga saya bs lebih rajin ngeblog-nya hehe

    ReplyDelete
  4. Gugel ngeindex secara berkala, misal sekarang dia datang nemu 4 post. Minggu depan gda apa apa,,,ya udah dia ngambek hahhaa

    ReplyDelete
  5. Saya setuju dengan kakak, yang paling penting itu konsisten.. Tapi sekarang saya gak konsisten jadi malas nulis jadi pengunjung blognya terhempas bagai batu dari langit.. hhhaa... tips dong kak supaya rajin atau motivasi kembali menulis lagi kak...
    Salam kenal kak...

    ReplyDelete
  6. Aku pernah turun sebulan atau dua bulan terus pas cek lagi, naik melebihi yg biasanya. Iyayah konsisten ini perlu nget... Ninda stickermu lucu2 banget yg di sale di IG. ^^

    ReplyDelete