Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

June 16, 2019

MITOS DAN FAKTA PERTOLONGAN PERTAMA PADA LUKA BAKAR

pic from: pixabay
Luka bakar sering sekali terjadi. Luka bakar dapat terjadi kapan saja. Misalnya saat anda sedang memasak, menyetrika pakaian yang kusut, mengendarai kendaraan, dan masih banyak lagi. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu banyak sekali muncul mitos mengenai penanganan luka bakar pada kulit. Berikut adalah beberapa mitos mengenai pertolongan pertama pada luka bakar.

Mitos Penanganan Luka Bakar
1. Mentega
Banyak yang menyangka bahwa mengoleskan mentega pada luka bakar adalah hal yang baik. Mentega dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar. Dikarenakan kepercayaan ini beredar, maka hampir semua orang melakukannnya.

2. Pasta gigi
Sama halnya dengan mentega, pasta gigi dipercaya mampu menangani rasa sakit. Banyak orang yang menjadikan pasta gigi sebagai obat luka bakar kena minyak panas, api kompor, setrika, dan lain sebagainya.

3. Minyak
Beberapa orang masih mempercayai bahwa minyak mampu menghilangkan rasa sakit akibat luka bakar. Minyaknya pun beragam, ada minyak zaitun dan minyak goreng.

4. Es
Dengan menaruh luka bakar di air es atau es batu, dapat meminimalisir rasa sakit yang ada. Beberapa mempercayai bahwa es mampu mempercepat penyembuhan kulit yang terbakar akibat terkena benda panas.

Fakta Penanganan Luka Bakar
1. Mentega
Banyak yang mempercayai bahwa mentega mampu menghilangkan rasa panas akibat luka bakar. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah mentega mengandung zat yang malah hanya memperparah luka. Mentega akan menyimpan panas dan menghasilkan bakteri yang berbahaya bagi kulit.
 
2. Pasta gigi
Pasta gigi bukanlah obat yang digunakan untuk mengobati luka bakar anda. Pasta gigi hanya berfungsi untuk merawat gigi anda. Merawat dengan memutihkan dan memperkuat akar gigi. Apabila anda menggnakannya sebagai obat luka bakar, kemungkinan besar luka anda akan semakin parah.

3. Minyak
Sama halnya dengan mitos sebelumnya, minyak bukan lah obat untuk mengobati luka bakar. Minyak hanya akan membuat luka bakar anda semakin parah.

4. Es
Es juga bukan zat yang mampu mengobati luka bakar. Obat luka bakar kena knalpot, minyak, setrika, dan benda panas lainnya adalah air dengan suhu ruangan. Menggunakan air es malah hanya akan memperparah.

No comments:

Post a Comment