Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

February 17, 2020

PENYAKIT DIABETES DISEBABKAN OLEH APA SAJA? INILAH PENJELASANNYA

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang ingin merasakan sakit. Terlebih menderita salah satu penyakit itu sangat menyebalkan, terutama jika yang diderita adalah penyakit kronis seperti diabetes.
Singkatnya, penyakit diabetes disebabkan oleh kadar gula darah (glukosa) tinggi. Apabila kondisi ini dibiarkan maka akan menyebabkan terjadinya komplikasi dan membahayakan nyawa. Maka dari itu sangat diperlukan pengetahuan lebih tentang penyakit diabetes.

Seputar Penyakit Diabetes

Munculnya penyakit diabetes disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor keturunan dan juga pola hidup tidak sehat. Perlu digaris bawahi bahwa penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja, yang berusia tua maupun muda. Fakta ini dikuatkan dengan gaya hidup yang buruk sehingga mendorong terjadinya penyakit diabetes di usia muda.

Insulin adalah hormon yang berfungsi dalam mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh. Ketika pankreas sudah tidak bisa memproduksi insulin yang dibutuhkan tubuh maka sangat rentan kadar gula darah tinggi. Kadar gula darah tinggi akan menumpuk dalam tubuh karena tidak mampu diserap oleh tubuh.

Resiko Penyakit Diabetes Disebabkan Oleh 4 Hal Berikut

1. Faktor Genetik

Pertama, penyebab diabetes disebabkan oleh faktor genetik. Memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes akan sangat berisiko mengalami penyakit ini. Maka dari itu, jika memiliki riwayat tersebut sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan juga kadar gula darah.

2. Faktor Berat Badan atau Obesitas
Kedua, penyakit diabetes disebabkan oleh faktor berat badan juga. Memiliki kelebihan berat badan sangat berisiko terserang berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Bahkan penyakit diabetes terjadi akibat memiliki berat badan atau obesitas. Jika memiliki permasalahan ini alangkah baiknya segera rajin berolahraga dan menjaga pola hidup sehat.

3. Faktor Makanan
Tak hanya itu saja penyakit diabetes disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan berlemak tinggi, makanan manis, junk food maka sangat berisiko mengalami diabetes. Sebelum semua terlambat sebaiknya segera memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

4. Faktor Merokok
Penyebab diabetes disebabkan oleh kebiasaan merokok. Seperti diketahui memiliki kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan terserang berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Dengan alasan ini maka penggunaan rokok sangat dilarang dan tidak baik dampak yang ditimbulkan.

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes
Sebelum lebih jauh membahas tentang penyakit diabetes disebabkan oleh apa, maka terlebih dahulu harus mengetahui ciri-ciri orang yang terserang diabetes, antara lain :

1. Sering Buang Air Besar
Apabila ada yang sering bolak balik ke toilet untuk buang air kecil, maka perlu waspada. Salah satu ciri-ciri mengalami diabetes adalah sering buang air kecil terutama saat malam hari. Ketika buang air kecil idealnya gula darah disaring oleh ginjal dan selanjutnya diserap kembali dalam darah. Tetapi saat kadar gula darah tinggi ginjal tidak lagi menyerap semua gula dalam tubuh.

2. Mudah Haus
Ciri-ciri penyakit diabetes yang dirasakan oleh penderitanya adalah mudah sekali haus padahal sudah cukup minum. Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan asupan cairan lebih banyak untuk menggantikan air yang terbuang saat buang air kecil.

3. Kulit Kering
Seseorang yang terindikasi mengalami diabetes akan mempengaruhi kondisi kulit. Dimana kulit akan cenderung lebih kering sampai menimbulkan bersisik, gatal, dan pecah-pecah. Kondisi ini dipengaruhi oleh tubuh yang kehilangan banyak cairan lewat urine sehingga kulit menjadi kehilangan kelembaban alaminya.

4. Gangguan Penglihatan
Seiring bertambahnya usia, penglihatan manusia akan mengalami penurunan. Akan tetapi, jika kadar gula tinggi akan mengganggu penglihatan seperti buram, kabur atau keruh. Jika merasakan ciri-ciri ini maka perlu untuk waspada.

5. Luka yang Lama Sembuhnya
Luka kulit, memar, infeksi atau gigitan serangga yang tidak kunjung sembuh bisa jadi itu merupakan ciri-ciri penyakit diabetes. Kadar gula tinggi dalam tubuh akan menyebabkan dinding pembuluh darah arteri mengeras dan menyempit. Sehingga tubuh kekurangan oksigen padahal saat luka terjadi sangat membutuhkan banyak oksigen.

Nah, itulah informasi mengenai penyakit diabetes disebabkan oleh apa saja. Ingin mengetahui berbagai informasi tentang dunia kesehatan? Ikuti terus update informasi terbaru dari CekAja.com.

No comments:

Post a Comment