Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

February 18, 2020

5 PILIHAN KARIER UNTUK LULUSAN TEKNIK LINGKUNGAN DENGAN GAJI FANTASTIS


Tidak bisa dipungkiri jika jurusan teknik lingkungan tidak sepopuler jurusan teknik lainnya. Misalnya teknik mesin, elektro, sipil, industri dan sebagainya. Meski tidak begitu populer siapa sangka jika lulusan jurusan ini memiliki prospek ke depan yang begitu cerah.
Bahkan ada banyak pilihan karier yang bisa dipilih. Untuk gaji per bulannya juga sangat menggiurkan. Daripada penasaran mari simak 5 pilihan karier untuk lulusan teknik lingkungan dengan gaji fantastis berikut ini.

Sekilas Tentang Jurusan Teknik Lingkungan
Jurusan teknik lingkungan adalah salah satu jurusan dibawah naungan fakultas teknik. Keberadaan jurusan ini sebenarnya ingin memiliki lulusan supaya bisa menjaga lingkungan supaya bisa sehat dan bersih. Selain itu, juga meningkatkan kualitas lingkungan supaya bisa dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya.

Ruang lingkup yang dipelajari oleh jurusan ini sebenarnya cukup luas. Misalnya pengendalian pencemaran, cara konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, sistem drainase dan sebagainya. Semua ilmu yang diperoleh selama kuliah di jurusan ini nantinya bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan terbaik. Bahkan ada 5 pilihan karier untuk lulusan teknik lingkungan dengan gaji yang sangat fantastis.

5 Pilihan Karier untuk Lulusan Teknik Lingkungan

Berikut ini merupakan rekomendasi terbaik 5 pilihan karier untuk lulusan teknik lingkungan yang bisa dipilih oleh alumni jurusan ini. Semua rekomendasi ini juga memiliki kisaran gaji yang fantastis. Apa saja rekomendasi tersebut?

1. Peneliti Kualitas Air
Satu diantara 5 pilihan karier untuk lulusan teknik lingkungan adalah dengan menjadi seorang peneliti kualitas air. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga seluruh aspek kualitas air melalui analisis ilmiah. Selain itu juga melalui penetapan standar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hasil penelitian yang dilakukan nantinya akan dibandingkan dengan standar yang ada, mencari tahu kekurangannya serta mengambil tindakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Artinya memiliki pekerjaan ini harus memberikan solusi jika ada masalah kualitas air. Sedangkan air yang diteliti adalah air minum, air permukaan dan air tanah.

2. Konservasi Alam
Seorang yang berprofesi dalam bidang konservasi alam bertugas untuk melindungi, mengelola dan meningkatkan kualitas lingkungan. Terutama adalah lingkungan yang dilindungi. Mereka juga memiliki peran dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap lingkungan alam.

Tidak hanya itu saja, seorang konservasi alam juga diharuskan untuk mengembangkan kebijakan lingkungan yang bisa berdampak terhadap kehidupan masyarakat lokal dan nasional. Jabatan yang bisa dimiliki adalah pegawai proyek keanekaragaman hayati, teknisi, asisten konservasi.

3. Manajer Pengelolaan Energi

Manajer pengelolaan energi merupakan satu di antara 5 pilihan karier untuk jurusan teknik lingkungan. Memiliki pekerjaan ini berarti bertugas untuk mengatur dan memonitoring penggunaan energi dalam suatu perusahaan. Tujuannya untuk meningkatkan efiiensi dan mengevaluasi penggunaan energi serta menerapkan beberapa kebijakan.

Manajer pengelolaan energi selalu berusaha untuk mendorong pengurangan penggunaan emisi karbon, pembangunan berkelanjutan dan pengelolaan sampah yang baik. Selain itu juga mendorong penggunaan sumber daya terbarukan, meningkatkan konservasi energi serta mencari solusi pengelolaan karbon.

4. Konsultan Lingkungan
Salah satu pekerjaan lulusan teknik lingkungan dengan gaji fantastis adalah konsultan lingkungan. Dari namanya saja sudah diketahui pekerjaan ini untuk menangani berbagai masalah isu lingkungan. Menariknya lagi pekerjaan ini mencakup beberapa disiplin ilmu, seperti analisis dampak lingkungan, analisis tanah dan pencemaran air, pengelolaan limbah, pemeriksaan lingkungan, pengembangan kebijakan dan sebagainya.

Biasanya klien dari pekerjaan ini adalah lembaga pemerintah dan organisasi yang bergerak di bidang industri air. Adapun tugas utama dari pekerjaan ini adalah mengidentifikasi tingkat kontaminasi lingkungan darat, air dan udara. Selanjutnya akan dilakukan identifikasi supaya mengetahui adanya dampak negatif atau tidak.

5. Manajer Lingkungan

5 pilihan karier untuk lulusan teknik lingkungan yang terakhir adalah manajer lingkungan. Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam mengawasi kinerja dari lingkungan perusahaan, lembaga publik serta sektor non-profit. Tidak hanya itu saja karena juga akan mengembangkan, menerapkan, memantau strategi lingkungan dan program pembangunan lingkungan positif.

Manajer lingkungan juga akan meneliti kegiatan suatu perusahaan sehingga bisa melakukan perbaikan dan memastikan apakah karyawan patuh terhadap peraturan perundang-undangan lingkungan. Selain itu, manajer lingkungan bertugas mengidentifikasi serta memecahkan masalah lingkungan dan memastikan terjadinya perubahan ke arah positif.

Itulah informasi mengenai 5 pilihan karier untuk lulusan teknik lingkungan. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan teknik lingkungan? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

No comments:

Post a Comment