Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

April 27, 2020

PERTANYAAN DAN OBROLAN DI MEJA MAKAN, BENTUK QUALITY TIME BERSAMA KELUARGA

Kebiasaan apa yang berubah saat masa dibanding kehidupan normal sebelumnya? Pasti hampir semua orang akan dengan tegas menjawab waktu. Waktu yang seperti apa? Bukannya masa karantina tetap bekerja dengan sistem remote? Benar masa karantina seperti ini kita tetap diwajibkan bekerja dari rumah atau work form home dan anak-anak belajar dari rumah atau learn form home.

Adanya kesamaan melakukan segala sesuatu dari rumah tersebut yang membuat masa karantina ini menjadi istimewa. Biasanya pulang kerja mandi, makan, dan kemudian akan dilanjutkan dengan tidur. Waktu bersama anak hanya diperoleh saat weekend itupun jika tidak ada meeting atau pekerjaan yang penting lainnya. Oleh sebab itu sebagai orang tua kita harus memenfaatkan moment ini sebaik mungkin. Ada banyak hal yang dapat dilakukan pada masa seperti ini, seperti obrolan di meja makan saat makan bersama keluarga. Apa saja sih hal yang dapat kita bahas saat di meja makan? Let’s check it out

Bagaimana makanannya nak? Apa kamu suka?
Pertanyaan simple tapi merupakan pertanyaan dasar ketika berada di meja makan. Sebagai orang tua, kita harus memahami keinginan anak dan kesukaannya. Melihat bagaimana antusiasmenya ketika melihat menu di meja makan dan bagaimana respon setelah memakannya. Bersemangat atau ogah-ogahan? Pertanyaan ini menjadi evaluasi orang tua selanjutnya. Seperti contoh anak tidak bersemangat ketika memakan sayuran hijau dengan alasan mual atau tidak begitu suka. Pernyataan tersebut jangan menjadikan anak sebagai pusat kemarahan tapi bagaimana cara kita mengganti sayuran hijau dengan sayuran yang dia sukai agar gizi dan nutrisinya terpenuhi.

Apa saja yang terjadi hari ini?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan wajib yang harus ditanyakan orang tua kepada anak untuk mengetahui aktivitasnya selama seharian penuh. Pertanyaan ini juga dapat meningkatkan bounding anak dan orang tua. Menjadikan anak sebagai teman dan membuat anak nyaman bercerita merupakan tujuan dari sebuah keluarga. Jika bukan orang tua tempatnya berkeluh kesah, lantas siapa lagi bukan? Setelah menanyakan apa saja yang terjadi selama sehari penuh kepada anak, orang tua harus merespon dengan baik dan menceritakan pula apa yang dilakukan selama seharian penuh agar anak dan orang tua sama-sama mengetahui kegiatan masing-masing.

Apa rencana untuk besok?
Selain pertanyaan apa saja kegiatan yang dilakukan selama sehari penuh, ada pertanyaan yang wajib ditanyakan ketika mengobrol di meja makan seperti rencana yang disusun pada esok hari. Misalnya anak menceritakan online course yang akan ditekuni atau ketertarikan dia pada sesuatu hal melalui online course. Banyak sekali hal yang dapat dikembangkan dari obrolan di meja makan.

Mungkin ketika hari biasa hanya bisa berbincang bersama ketika weekend, maka manfaatkanlah sebaik mungkin waktu ini untuk lebih banyak bercerita dan mendengarkan apapun yang berkaitan dengan keluarga. Selamat bercerita dan tetap di rumah aja!

No comments:

Post a Comment