November 2, 2020

TIPS MEMPERBAIKI KESEHATAN TUBUH SAAT PANDEMI

Sehat adalah hal utama yang penting untuk hidup lebih lama dan bahagia meskipun kita tahu kapan hidup dan mati seseorang sudah ada jalurnya. Nah berhubung saat ini masih pandemi sehingga kita perlu melakukan perbaikan yang bermanfaat untuk tubuh agar lebih sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati bukan? Nah cara yang perlu dilakukan untuk memperbaiki pola hidup seseorang yang sudah bertahun bahkan berpuluh tahun rebahan itu gimana sih? Simak yuk!

Menerapkan diet sehat
Diet itu apa sih? Diet merupakan cara mengubah pola makan bukan tidak makan sama sekali. saya harus menulis ini karena banyak yang beranggapan diet adalah tidak makan sama sekali agar kurus. Diet sehat ini apa? Diet sehat adalah mengubah pola makan lebih sehat dari sebelumnya. Misalnya ketika sebelumnya makan nasi sampai membentuk gunung semeru maka diubah pelan-pelan gunungnya dipotong setengah pada minggu pertama, dipotong lagi seperempat pada minggu kedua hingga akhirnya kamu dapat beradaptasi pada porsi karbo yang kecil. Dulu makan sayurnya seminggu sekali maka sekarang makan sayur setiap hari. Kemudian dulu tiap jam 10.00 lapar pasti nyemil bakwan sayur 10 biji sekarang diubah jadi nyemil bakwan satu biji atau yang lebih ekstrim diganti dengan buah potong.

Kalori
Pernah terbayang tidak dalam satu hari berapa saja kalori yang masuk kedalam tubuh? Pagi sarapan pecel lengkap dengan tempe tepung 2 biji, jam 10.00 lapar nyemil bakwan jagung 5 biji, jam 12.00 makan siang nasi campur lengkap lauk daging, jam 15.00 nyemil cheese cake karena ada anak kantor yang ulang tahun, jam 19.00 makan malam nasi goreng spesial pakai telur dadar kornet. Ada yang bisa menghitung jumlah kalorinya? Jumlah kalori yang masuk saya perkirakan lebih dari 2000an kalori harian yang mana jika hal tersebut menjadi kebiasaan maka akan timbul pola tidak sehat. Perubahan yang akan dilakukan adalah dengan menghitung kalori yang masuk dan membandingkan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kita dapat melakukan defisit kalori.

Olahraga
Pada saat ini banyak sekali olahraga yang dapat kita lakukan di rumah dengan segala kondisi dan situasi. Misalnya saya suka rebahan dan enggan olahraga yang menggunakan lompatan, maka saya akan search olahraga rebahan di youtube dan saya dapat olahraga dengan nyaman dan menyenangkan. Olahraga apapun itu, durasinya pendek atau panjang itu merupakan salah satu usaha keras yang kamu lakukan untuk tubuhmu, untuk aset masa depan maka berterima kasihlah pada tubuh yang mau diajak kompromi untuk ikut merubah pola hidup sehat.

Diatas merupakan caraku merubah sedikit demi sedikit pola hidupku menjadi lebih sehat dari sebelumnya, mungkin cara kita sedikit berbeda maka silakan komentar dibawah ya bagaimana cara menerapkan pola hidup yang lebih sehat!

No comments:

Post a Comment