June 21, 2021

KESETARAAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Menurut kamu sudah meratakah pendidikan di Indonesia? Pendidikan di Indonesia masih memiliki ketimpangan yang signifikan. Kita semua tahu bahwa pendidikan merupakan hak warga negara namun ada banyak ketimpangan yang sulit diatasi. Pemerintah memberlakukan beberapa cara agar semua warga negaranya mengenyam pendidikan yang layak dengan program sekolah minimal sembilan tahun sampai mengeluarkan peraturan dana BOS untuk membantu siswa yang tidak memiliki cukup uang untuk meneruskan sekolahnya.

Berbeda dengan sekolah yang merupakan lembaga formal dan memiliki keharusan untuk menempuhnya, bimbingan belajar merupakan lembaga informal yang tidak mengharuskan warga negara mengikutinya. Namun bimbingan belajar dapat membantu siswa memecahkan masalahnya. Bagaimana jika ada anak yang kebingungan belajar namun tidak memiliki cukup uang untuk ikut menjadi member bimbingan belajar? Tenang, ada wadah yang dapat digunakan dan fitur atau layanan ini gratis atau tidak dipungut biaya. Saya juga kaget kok bisa ada layanan seperti ini di Indonesia sedangkan saya biasa menemui layanan semacam ini diluar negeri tidak gratis. Ada syarat dengan membayar sejumlah uang tertentu untuk menjadi member atau anggota dan cara lainnya adalah dengan mengupload dokumen ke platform tersebut agar kita mendapat kesempatan untuk mendownload file yang kita butuhkan.

Oh iya sebelumnya saya belum menjelaskan apa hal yang saya maksud diatas. Jadi Ruangguru yang merupakan bimbel online nomor satu di Indonesia memiliki roboguru yaitu layanan dimana siswa dapat mengajukan pertanyaan kemudian akan ada yang menjawab pertanyaan kamu. Hal tersebut memungkinkan adanya pemecahan masalah dari pertanyaanmu. Di Indonesia sendiri saya belum menjumpai platform yang menyediakan fitur bertanya pelajaran bermacam-macam kemudian jawabannya dapat dilihat secara gratis. Bahkan platform diluar negeri yang lebih dahulu menerapkan layanna ini pun tidak memberikan akses gratis kepada pengguna situs. Harus ada sesuatu yang dikorbankan seperti yang saya sudah jelaskan sebelumnya.

Merujuk ke ketimpangan pendidikan di Indonesia, solusi belajar di Roboguru dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi ketimpangan pendidikan di Indonesia. beberapa hari yang lalu terjadi kegaduhan di Twitter karena pendapat bahwa uang dapat membatasi seseorang dalam mengenyam pendidikan. Benar, uang memang dapat menjadi penghambat seseorang dalam mewujudkan cita-citanya namun ada hal lain yang dapat dilakukan untuk meruntuhkan hambatan tersebut yaitu dengan pemerataan pendidikan dari segi fasilitas dan infrastruktur. Fitur yang disediakan oleh Ruangguru melalui Roboguru ini dapat membantu siswa yang tidak memiliki sejumlah uang untuk tetap belajar dan mendapatkan hak belajar secara penuh. Siswa tidak perlu kebingungan lagi dalam menjawab soal-soal yang tidak ia kuasai karena ada Roboguru yang dapat membantu menyelesaikannya.

Terbantunya siswa dalam menyelesaikan soal-soal dimana dia mengalami kesulitan tersebut membantu orang tua yang kesulitan memahami materi sekolah anaknya tetapi tidak memiliki cukup uang untuk merekrut guru privat untuk anaknya. Terbantunya anak dalam menyelesaikan tugas-tugasnya ini dapat mengurangi rasa stress keluarga di rumah akibat pemberlakuan school from home yang terjadi selama setahun terakhir ini. dunia pendidikan memerlukan terobosan pada perkembangan teknologi dalam belajar yang dapat menghancurkan pembatas-pembatas dalam pendidikan seperti Roboguru.

Apakah kamu adalah salah satu dari siswa yang kesulitan dalam pelajaran tetapi tidak memiliki cukup uang untuk gabung ke lembaga bimbingan belajar? Tenang ada Roboguru yang dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang ada di pelajaran sekolah kamu. Roboguru benar-benar gratis dan tanpa dipungut biaya apapun jadi tidak perlu khawatir bahwa biaya membatasi ruang belajar kamu.

No comments:

Post a Comment