February 10, 2018

5 TIPS TRAVELING SAAT MUSIM HUJAN

pic source: pixabay
Saat musim hujan begini memang enaknya tidak keluar rumah, masak mie instan dan tidur seharian. Tapi bagi para ekstrovert yang bentuk kegiatan du luar rumah pasti tidak akan betah berada saya di dalam rumah. Meskipun hujan sebetulnya masih banyak cara untuk bisa tetap traveling.

Apalagi kalau ada travel Fair yang menjual tiket Garuda murah ke luar negeri. Kalau sudah ada kesempatan gitu kadang-kadang sangat sulit mendapatkan kesempatan lain. Jadi, biarpun hujan melanda seharian, jangan dijadikan alasan atau halangan untuk tetap travelling. Apalagi jika tujuannya untuk mendapatkan tiket Garuda di Reservasi.com untuk berlibur ke Jepang.

Ada berapa cara bisa kamu lakukan agar tetap bisa traveling saat musim hujan, berikut adalah ulasannya.

1. Andalkan aplikasi weather
Biasanya semua handphone sudah dilengkapi dengan aplikasi ramalan cuaca. Dengan begitu kamu bisa memantau Kapan bisa keluar dan kapan harus tetap berada di rumah. Apalagi jika ada badai yang membuat cuaca tidak bersahabat sebaiknya tunda travelling kamu demi keselamatan.

Aplikasi weather biasanya sudah bisa memprediksikan ramalan cuaca 10 hari kedepan. Meskipun kadang-kadang dan bisa berubah namun aplikasi ini bisa bermanfaat untuk kamu terutama jika sudah memang memiliki jadwal untuk travelling. Jadi pastikan kamu bisa memantau cuaca lewat handphone kamu sendiri.

2. Siapkan Barang Seperlunya

Saat musim hujan, hal yang paling harus diperhatikan adalah menyiapkan barang bawaan yang kira-kira tidak akan menjadi beban saat hujan deras melanda. Misalnya kurangi menggunakan pakaian berbahan Denim atau jeans. Karena pada saat basah pakaian berbahan Denim cenderung akan lebih berat dibandingkan dengan pakaian lainnya.

Pastikan juga membawa jaket atau baju hangat jangan sampai kamu masuk angin saat cuaca kurang bersahabat. Pastikan juga membawa plastik atau kantong plastik untuk menyimpan dan memisahkan antara pakaian yang basah dan pakaian yang masih kirim.

3. Pahami medan di lokasi tujuan
Pengetahuan dasar tentang cara menyelamatkan diri saat bencana sangat diperlukan. Misalnya ketika di dalam sebuah gedung, kamu harus mengetahui jalur evakuasi yang paling terdekat.

Begitu pula saat berada di sebuah tempat wisata tentang itu pantai, gunung ataupun sungai, kamu harus memahami cara mengevakuasi diri kamu sendiri dan juga memberitahukannya kepada orang lain.

Jangan pernah menantang alam, misalnya kamu mau maksa mendaki ketika gunung meletus. Atau tetap pergi ke pantai ketika ada ramalan bahwa akan ada badai yang mendekati pantai yang kamu tuju.

4. Banyak Tempat Wisata Menarik Saat Musim Hujan
Tidak semua tempat wisata tidak bisa dikunjungi saat musim hujan. Ada beberapa tempat wisata yang paling pas untuk dikunjungi saat musim hujan. Satu diantaranya adalah pemandian air panas dan juga air terjun.

Pemandian air panas relatif lebih aman meskipun memang harus tetap waspada terhadap bencana longsor. Ada banyak tempat pemandian air panas di Pulau Jawa maupun di luar pulau Jawa yang bisa dikunjungi pada saat musim hujan.

Meskipun hujan bukan menjadi halangan untuk berendam di air panas karena kamu tidak akan merasakan kedinginan saat berendam di kolam renang alami yang justru menghangatkan badan kamu.

5. Alihkan Tujuan ke Tempat Wisata Lain
Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke, biasanya cuaca di beberapa daerah berbeda-beda.
Misalnya waktu paling tepat untuk mengunjungi Aceh adalah pada saat jelang awal tahun. Sebaliknya waktu terbaik untuk mengunjungi daerah Papua adalah pada saat akhir tahun.

Ada banyak tempat wisata yang memang memiliki ciri khas cuaca yang berbeda misalnya di Bogor yang sudah terkenal langganan hujan atau Surabaya yang minim dengan hujan. Pastikan kamu bisa memilih tempat wisata yang memang sesuai dengan cuaca yang kamu inginkan. Pelajari laporan cuaca lewat aplikasi weather atau situs informasi lainnya.

Jika ada promo tiket Garuda murah jangan sampai kamu lewatkan, pada saat musim hujan seperti ini biasanya banyak obral tiket murah ke berbagai tujuan hingga ke luar negeri. Apalagi biasanya kunjungan ke hotel menurun saat musim hujan sehingga membuat promo hotel Bandung akan semakin banyak dan di bisa dimanfaatkan untuk staycation bersama keluarga ataupun teman-teman.

Bisakah pada saat musim hujan memang banyak tantangannya. Namun bagi warga Indonesia yang hidup di dua musim, hujan bukanlah pantangan. Lah kan musim hujan merupakan berkah bagi para petani untuk memulai tanam.

Musim hujan juga bisa jadi berkah bagi para pemburu promo hotel Bandung yang menawarkan harga hotel terbaik. Buat kamu yang jarang-jarang indah manfaatkan promo ini dengan baik.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah bawalah payung lipat untuk tetap beraktivitas di luar rumah. Jika tidak ingin ribet kamu bisa membawa jas hujan yang bisa dilipat ke dalam tas kecil. Agar, selain bisa tetap beraktivitas diluar rumah kegiatan kamu pun tidak terganggu.

No comments:

Post a Comment