November 13, 2018

MENGETAHUI BAGAIMANA TEKSTUR MAKANAN BAYI 7 BULAN

Pada usia 7 bulan tentunya bayi sudah sangat mengenal makan-makanan yang padat atau MPASI (makanan pendamping ASI). Pada usia tersebut sebagian bayi sudah mempunyai gigi seri yang juga berfungsi untuk memotong makanan. Akan tetapi pemberian makanan padat untuk bayi pada usia tersebut harus memperhatikan bagaimana tekstur mpasi dan dalam hal ini tidak boleh sembarangan. Selain itu, makanan yang diberikan harus mengandung gizi seimbag untuk menunjang perkembangan bayi.

Selain tekstur makanan, Anda juga harus memperhatikan jadwal makan untuk bayi. Pada usia tersebut volume lambung bayi sudah bertambah sehingga asupan makanan bisa lebih ditingkatkan. Kebutuhan nutrisi untuk bayi pada usia 7 bulan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebutuhan nutrisi pada usia sebelumnya. Pada usia ini Anda bisa memberikan makanan pendamping ASI yang bertekstur lebih kasar dari usia sebelumnya. Nasi tim atau bubur buah bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk menyajikan menu makanan bayi 7 bulan.

Pada usia sebelum memasuki usia 7 bulan, bayi sudah diperkenalkan dengan mpasi 6 bulan sehingga ketika bayi sudah berusia 7 bulan Anda hanya tinggal melanjutkan pemberian makanan padat tersebut dengan meningkatkan tekstur makanan tersebut menjadi lebih kasar. Akan tetapi dalam memberikan makanan padat pada usia tersebut tidak boleh menggunakan banyak garam atau gula. Hal ini untuk menyesuaikan dengan sistem pencernaan bayi. Sebaiknya makanan yang diberikan hanya menggunakan sedikit tambahan garam atau gula. Adapun tekstur makanan bayi 7 bulan yang bisa Anda berikan adalah sebagai berikut ini:

Nasi Tim Campuran Ayam Dengan Wortel
Nasi tim ini dapat Anda jadikan salah satu pilihan pada saat Anda memberikan makanan padat untuk bayi. Nasi tim ini juga mempunyai tekstur yang halus sehingga akan memudahkan bayi untuk menelannya. Adapun bahan untuk membuat nasi tim campuran ayam dengan wortel yaitu 25 gram wortel, 20 gram beras, 625 cc air, 25 gram tomat, 1 sdt mentega, 25 gram tempe dan 25 gram daging ayam dihaluskan.

Nasi Tim Dengan Menggunakan Campuran Sayuran Brokoli
Menu selanjutnya yaitu nasi tim yang dicampur dengan sayuran brokoli. Penambahan sayuran ini akan sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Bahan yang digunakan untuk membuat nasi tim ini adalah 25 gram brokoli, 25 gram daging yang dihaluskan, 20 gram beras, 625 cc air, 1 butir telur ayam kampong ambil kuningnya saja, 25 gram tomat dan 10 gram keju. Membuatnya sangat mudah yaitu dengan cara merebus beras dan daging giling sampai tercampur menjadi bubur, kemudian masukan tomat dan brokoli sampai benar-benar matang. Setelah itu masukan kuning telur dan keju. Apabila sudah matang segera dinginkan dan haluskan dengan saringan kawat atau diblender.

Bubur Buah Alpukat
Makanan sehat untuk bayi 7 bulan yang selanjutnya yaitu bubur dari buah alpukat. Bahan yang digunakan yaitu 10 ml air, 1 adm tepung beras dan 50 gram buah alpukat. Cara membuatnya yaitu tepung beras dimasukan kedalam air dan direbus menggunakan api sedang sambil diaduk rata. Setelah itu masukan alpukat dan aduk sampai tercampur. Kemudian angkat dan tunggu sampai tidak terlalu panas. Bubur ini bisa diberikan pada bayi selagi masih hangat.

Itulah beberapa uraian tentang tekstur makanan bayi 7 bulan sebagai bahan referensi para bunda-bunda yang buah hatinya sudah menginjak usia 7 bulan. Jadi Anda harus siapkan segala sesuatunya termasuk mengenal bagaimana tekstur makanan bayi 7 bulan yang rekomended.

No comments:

Post a Comment