March 13, 2017

5 GERAKAN PAGI UNTUK MENGURANGI LEMAK JAHAT


Nggak bisa bisa dipungkiri bahwa lemak adalah masalah bagi hampir semua orang, apalagi kita para wanita yang begitu dibilang gemukan aja langsung pengin stop makan *LOL. Nggak ada satupun orang yang nggak terganggu dengan menumpuknya lemak. Selain itu hampir semua orang sudah mulai sadar dengan bahayanya penumpukan lemak di tubuh. Selain mengurangi keindahan bentuk tubuh, lemak juga mampu mendatangkan berbagai macam penyakit yang nggak bisa dianggap ringan. Sebut saja penyakit berbahaya macam stroke dan serangan jantung semuanya dimulai dari penumpukan lemak yang berlebihan.

Namun, menghilangkan lemak dari dalam tubuh bukan urusan gampang. Bukan caranya yang susah, namun dedikasinya itu loh yang bikin susah. Tentu saja pergi ke gym dan berlatih bersama pelatih profesional akan mempermudah kita dalam mengurangi lemak jahat di tubuh, namun biasanya nggak semua orang punya biaya dan waktu untuk melakukan itu. Nah, bagi kalian yang nggak punya waktu dan biaya untuk melakukan latihan intensif semacam itu, berikut ini ada beberapa cara diet sederhana yang bisa kamu lakukan setiap hari. Lebih bagus lagi, kamu bisa melakukannya setiap bangun tidur. Selain mengurangi lemak, latihan sederhana ini bikin badan jadi tambah segar sebelum beraktivitas. Seperti apa sih latihan-latihannya? Yuk, langsung disimak aja!

1. Gerakan Jumping Jack Bisa Sangat Efektif dalam Mengurangi Lemak
Jumping jack atau Star jump adalah salah satu gerakan paling efektif dalam mengurangi lemak tubuh. Kamu hanya tingal berdiri tegak dalam posisi “siap” dan lalu meloncatlah sambil membuka kaki selebar mungkin. Saat melompat, arahkan tangan ke atas dan membentuk simpul di atas kepala, seperti gerakan sayap saat mengepak ke atas. Lakukan gerakan ini setiap pagi selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Jika dilakukan secara rutin, selain mampu mengurangi jumlah lemak dengan jumlah yang cukup signifikan, gerakan ini juga mampu membuat badan segar dan semangat sebelum beraktivitas.

2. Wall Sit, Salah Satu Posisi Sederhana yang Bisa Berdampak Besar Buat Menurunkan Lemak

Sandarkan tubuh bagian belakang mulai dari tumit hingga kepala ke tembok. Sambil menurunkan punggung hingga menyerupai posisi duduk, tekan punggungmu ke tembok dan tumpukan seluruh berat badanmu pada otot perut dan paha. Lakukan hal ini semalam 30 detik saja untuk satu setnya. 5 set setiap hari benar-benar akan memberi kamu perut kencang bak orang-orang yang rajin pergi ke gym, lho.

3. Push-up dengan Gerakan Rotasi. Mudah Tapi Efeknya Besar
Selain melatih otot, variasi push-up bakal membantu kamu untuk membakar lemak berlebih di badanmu. Ambil posisi push-up ketika kamu menekan lantai untuk mengangkat tubuh, putar badan kamu dengan mengangkat tangan kanan ke arah langit-langit, sementara berat badan bertumpu pada tangan kiri. Lakukan gerakan ini untuk sebelah tangan lainnya secara seimbang. Lakukan gerakan ini paling tidak 10 kali untuk kedua bagian tangan.

4. Squat, Salah Satu Gerakan Sederhana yang Dapat Membentuk Tubuh Jadi Lebih Indah
Bagi kalian yang dulu pernah dihukum di SMA gara-gara kenakalan kalian pasti sudah familiar dengan yang namanya squat. Namun, squat ini agak berbeda dengan hukuman waktu SMA. Gerakannya sangat memperhatikan sudut yang dihasilkan oleh tekukan lutut dan punggung yang tidak boleh bungkuk sedikitpun. Dengan detail yang benar, squat dapat membentuk tubuh jadi lebih bagus terutama buat para ladies.

5. Planking, Posisi Sederhana yang Memiliki Efek yang Sangat Bagus Bagi Tubuh
Dari seluruh gerakan di atas, mungkin planking adalah gerakan yang paling efektif. Kamu cukup melakukan posisi tengkurap seperti push-up tapi tidak menggunakan telapak tangan melainkan menggunakan siku. Kamu hanya perlu menahan bagian perutmu untuk selalu lurus dalam waktu kurang lebih 30 detik dalam satu sesi. Jangan dikira ini gampang, planking memberikan beban yang besar pada otot perut dan otot lengan atas. Oleh karena itu planking, meskipun sederhana, bisa membuat badan seseorang kelihatan berotot.

Nah kelima latihan tersebut bisa dikatakan tidak sulit dilakukan. Namun jika kamu melakukan latihan ringan ini secara teratur ternyata dampaknya bisa sangat positif untuk kesehatan kamu loh. Meskipun kamu memiliki banyak program diet lain untuk dilakukan, rasanya latihan ringan ini tidak ada salahnya juga untuk tetep dicoba bukan?

2 comments:

  1. klo aku nyerah deh nin sama latihan2 itu, olahraga buatku jogging aja udah berat hihihi

    ReplyDelete
  2. aku sering planking hehehe soalnya artis-artis korea sebelum konser suka planking dulu. ternyata ngaruh ya. terus planking bikin nafas jadi lebih enak juga. kalo wall sit suka ngga kuat, pegeellll euy!

    ReplyDelete