Featured Post

CARA MENGISI DAYA POWER BANK YANG BENAR

August 23, 2017

MODEL BATIK TERKINI YANG CAKEP DIGUNAKAN DIBERBAGAI ACARA

source: bukalapak
Siapa suka pakai batik?
Saya sih dari dulu suka banget macem-macem batik, terutama sejak memang butuh baju batik buat ngantor pas hari Jum'at sih. Cuma ya gitu lho sebelnya, baju batik yang aneka macem model dan lucu-lucu itu kok ya kebanyakan buat dipake sama cewek yang nggak berjilbab. Yang ada renda dan aksesoris macem-macemnya itu kalau nggak buat dipake kutungan ya dress gitu selutut. Yang buat cewek berjilbab selalu model tunik yang full motif tanpa kombinasi dengan warna-warna yang nggak oke dan bikin kelihatan jauh lebih tua dari usia yang sebenarnya gitu.

Model baju-baju batik yang beredar di pasaran emang nggak ramah sama cewek berjilbab, kalau toh 'maksa' bisa sih dengan dirangkap lagi sama kemeja lengan panjang atau dalaman kaus panjang. Tapi tahu sendiri dong gimana rasanya pakai baju yang rangkep-rangkep gitu, enggak nyaman. Makanya kalau pengin model baju yang beda dikit, saya sering memilih untuk beli kain batik dan jahitin sendiri.

Dipikir-pikir udah lama juga ya sejak batik menemukan titik kebangkitannya dan booming dengan penggunaannya di dunia fashion dengan model-model yang kekinian sekaligus etnik. Mulai saat itu, batik nggak hanya identik dengan acara resmi berbau adat seperti acara pernikahan, turun tanah dan sejenisnya tapi juga bisa banget digunakan untuk jalan-jalan santai seharian. Penggunanya juga nggak hanya mayoritas bapak-bapak dan ibu-ibu saja, segala usia bisa pakai batik dengan model yang disesuaikan dengan selera dan model fashion yang sedang in saat ini.

Batik merupakan kain tradisional asli Indonesia, yang dibuat dengan cara melukis ataupun menempelkan bentuk cap tertentu pada sebuah kain polos. Pada awal kemunculannya, kain batik lebih identik dengan masyarakat daerah Jawa, karena memang kain yang satu ini banyak dibuat didaerah tersebut. Selain identik dengan daerah Jawa, kain batik pun identik dengan berbagai acara resmi yang ada, karena secara umum banyak orang menggunakan batik untuk menghadiri berbagai acara resmi yang harus mereka hadiri.

Namun seiring dengan berkembangnya jaman, penggunaan batik sebagai kain pembuatan berbagai pakaian resmi, kini mulai bergeser. Munculnya berbagai model batik modern yang dapat digunakan untuk berbagai peruntukkan, menjadikan kain yang satu ini makin banyak digunakan tidak hanya oleh masyarakat Indonesia saja, bahkan masyarakat Internasional pun mulai menggilai kain yang satu ini untuk dijadikan bahan pembuatan utama berbagai model pakaian yang mereka gunakan.

Kemeja baik yang diperuntukkan untuk laki-laki ataupun wanita, kini juga banyak kita temukan dibuat dengan menggunakan bahan dasar batik. Selain dapat digunakan untuk menghadiri acara resmi, kemeja dengan bahan dasar batik, pada umumnya juga banyak digunakan sebagai seragam kebesaran dari sebuah instansi ataupun perkantoran yang ada di Indonesia. Model kemeja batik ini dapat dipadu padankan dengan berbagai model bawahan yang ada, sehingga sangat cocok digunakan untuk sebuah seragam.

Model batik lain yang kini sering kali digunakan oleh masyarakat Indonesia, sebagai pakaian resmi ataupun pakaian acara lainnya, antara lain adalah:


Batik casual, model ini merupakan model pakaian santai yang biasa digunakan oleh anak muda, dimana pada umumnya kain batik lebih digunakan untuk pembuatan berbagai jenis kaos ataupun kemeja casual.

Batik modern, model ini saat ini sedang menjadi trend dalam masyarakat Indonesia, dimana kain batik banyak digunakan sebagai bahan pembuatan baju bergaya modern dan sesuai dengan trend yang masih berkembang di masyarakat.

Batik couple, merupakan jenis pakaian yang dibuat dengan bahan dasar kain batik dimana biasanya didesain khusus untuk pasangan ataupun seluruh anggota keluarga yang ada. Batik model ini, pada umumnya banyak digunakan oleh satu keluarga ketika menghadiri acara-acara tertentu.

Selain model diatas, seneng banget karena sekarang baju batik maupun aneka fashion item beraksenkan batik sudah banyak didesain khusus untuk dipakai para hijabers atau wanita yang menggunakan hijab. Dengan desain yang disesuaikan dengan trend yang sedang berkembang saat ini, hijab dengan bahan kain batik, akan dapat memberikan kesan yang lebih anggun, modern, klasik sekaligus up to date.

Busana muslim batik juga tetap akan serasi untuk dipadupadankan dengan model kerudung lainnya selama menggunakan warna polos senada atau aksen corak yang sama dengan baju. Dengan sedikit sentuhan aksesoris, batik dapat menjadi solusi berbusana muslim yang beda dari biasanya buat kita untuk menghadiri acara-acara resmi lho.

Pakai batik dimanapun dan kemanapun? ah kenapa enggak? :D

3 comments:

  1. Bener banget tuh.
    Sekarang batik udah jauh berkembang.
    Dan peminatnya juga udah ke semua kalangan.

    ReplyDelete
  2. Batik pun berkembang mengikuti trend ya mbak. Saya pun bosan melihat kebanyakan baju batik warnanya coklat haha -_-

    ReplyDelete
  3. Model gamis batik di foto baguus mbak
    Aku lho msh punya batik yg sarimbitan dn modelnya ya gitu2 doang ahahaha

    ReplyDelete