Featured Post

CARA MENGISI DAYA POWER BANK YANG BENAR

August 2, 2018

KEUNTUNGAN BERBURU PROMO BELANJA ONLINE

pic source: pixabay
Setiap hari manusia melakukan transaksi jual beli. Hal ini akan terus terjadi karena manusia satu sama lain pasti saling membutuhkan. Aktivitas jual beli ini terus berkembang. Mulai dari yang dulu hanya bisa pakai sistem barter, hingga sekarang jual beli dengan cara online.

Dalam dunia jual beli, biasanya penjual akan melalukan strategi promosi dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari yang dapat potongan setelah membeli dalam jumlah tertentu, beli 2 gratis satu, adalah model lainnya.

Sebagai orang yang pasti melakukan aktivitas belanja, pasti kamu ingin juga memanfaatkan strategi yang sudah dibuat oleh penjual. Ini sama-sama saling menguntungkan. Penjual untung karena banyak barangnya yang laku, sedangnya pembeli juga untuk karena mendapatkan harga yang lebih murah. Begitu juga saat kamu belanja online, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu menjadi pemburu promo belanja online. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

Dapat Potongan
Salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam belanja online adalah banyaknya potongan harga atau yang lebih dikenal dengan diskon. Diskon ini lumayan bervariasi. Ada diskon yang cuma satu kali saja, misal diskon 10%. Ada juga diskon berlapis seperti diskon 50% + 30%.

Untuk diskon berlapis ini memang agak rancu. Misal disebutkan diskon 50% + 30% bukan berarti diskon 80% loh. Maksud dari diskon 50% + 30% adalah setelah didiskon 50%, sisa harga tersebut didiskon lagi 30%. Bingung? Berikut ini adalah ilustrasinya.

Misal kamu akan beli barang yang harga awalnya adalah 100 ribu. Kemudian barang tersebut didiskon 50% + 30%. Untuk menghitung harga akhirnya adalah dengan mendiskon 50% terlebih dahulu. Harga 100 ribu didiskon 50% sisanya adalah 50 ribu. Setelah itu 50 ribu tersebut didiskon lagi 30% sehingga sisanya adalah 35 ribu. Maka harga yang harus kamu bayar adalah 35 ribu.

Diskon 50% + 30% dengan kata lain adalah diskon 65%. Hanya saja sengaja dibuat sedemikian rupa agar pengujung tertarik dan membelinya.

Dapat Cashback
Strategi jualan yang lainnya adalah dengan menggunakan metode cashback. Misal dikatakan cashback 10%. Harga barang 100 ribu. Maka kamu tetap membayar 100 ribu. Cashback 10%-nya biasanya akan disimpan di dalam dompet virtual marketplace tersebut dan hanya bisa dibelanjakan di sana.

Meskipun kesannya tidak seleluasa diskon, namun cashback ini juga berguna jika kamu memang sering belanja di marketplace tersebut. Apalagi jika cashback tersebut bisa digunakan untuk membayar tagihan atau membeli produk digital seperti pulsa.

Dapat Gratis Ongkir
Model promo belanja lainnya adalah dalam bentuk gratis ongkos kirim (ongkir). Terkadang banyak orang termasuk saya juga malas belanja online jika ongkirnya mahal. Apalagi jika ongkirnya ternyata lebih mahal dari barang yang akan dibeli.

Keuntungan lain dari berburu promo belanja adalah kamu bisa mengetahui marketplace mana saja yang sedang promo gratis ongkir saat ini. Dengan tahu info ini, kamu bisa menghemat budget untuk membeli barang secara online.

Memahami Pola Promo
Jika kamu sering belanja online, maka kemampuan belanjamu akan terasah hari demi hari. Kamu akan mempunyai semacam insting yang membawamu untuk menemukan barang yang paling murah dengan kualitas yang bagus.

Selain itu, dengan seringnya berburu promo, kamu akan memahami pola promo yang ada di marketplace masing-masing. Dengan memahami pola promo yang ada, kamu akan bisa membuat rencana belanja yang paling hemat. Mengapa begitu? Karena kamu bisa beli barang di waktu yang tepat, yaitu saat barang tersebut lagi promo.

No comments:

Post a Comment