Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

December 4, 2019

MAKANAN YANG BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN OTAK BAYI

Otak akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan pesat di dalam kandungan. Bahkan, pembentukan otak janin bisa menentukan pertumbuhan serta perkembangan otak di usia selanjutnya. Dalam upaya membantu perkembangan dan pertumbuhan otak bayi, Anda memerlukan nutrisi. DHA dan perkembangan otak janin adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Untuk mendapatkan DHA dimulai dari konsumsi makanan yang mendorong pertumbuhan otak bayi. Di bawah ini sudah terdapat ulasannya. Kalau kurang puas, bisa berselancar ke internet dengan mengetikkan Gue Sehat.

Mengkonsumsi ikan memang sudah di anjurkan sejak dahulu. Namun, ada banyak mitos kalau bumil tidak disarankan mengkonsumsi ikan karena anaknya akan berbau amis. Perlahan mitos tersebut mulai pudar seiring akses informasi yang mudah dilakukan seperti sekarang ini. Ikan jelas-jelas mempunyai kandungan asam lemak omega-3, khususnya DHA (asam dokosaheksonoat) yang penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf anak di dalam kandungan. Ikan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat terbaiknya adalah ikan tuna, sarden dan ikan salmon. Ikan sarden adalah ikan dengan kandungan yang banyak dan minim kontaminasi merkuri daripada ikan-ikan lainnya.

Setelah ikan, Anda bisa mengkonsumsi bayam yang merupakan sayuran hijau yang mudah diperoleh. Bayam memiliki kandungan asam folat, sebagai nutrisi terpenting bagi bumil karena berdampak pada pembentukan awal otak dan sumsum tulang belakan bayi. Selain itu, bayam bisa membantu produksi DNA baru, dan mengatur metabolisme sel. Tidak hanya itu, bayam bisa bertindak sebagai antioksidan yang bisa melindungi jaringan otak janin.

Kekurangan asam folat ketika hamil bisa meningkatkan risiko bayi mengalami cacat saat lahir nanti. Disarankan agar Anda mencukupi kebutuhan asam folat, baik saat hamil maupun sebelum hamil. Makanan yang mengandung asam folat, seperti sawi hijau, kale, selada, brokoli, dan lain sebagainya.

Selanjutnya adalah mengonsumsi daging yang bisa memberikan nutrisi, seperti zat besi dan seng. Zat besi beserta seng adalah nutrisi yang dibutuhkan agar meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak janin di dalam kandungan. Zat besi mempengaruhi produksi senyawa di dalam otak dan membentuk myelin.

No comments:

Post a Comment