October 19, 2016

CARA MENGGORENG SOSIS YANG BAIK DAN BENAR


Jika dimasak, sosis akan mengembang kencang dan terasa sedikit krispy pada bagian permukaan luarnya, sementara bagian dalamnya jika kita gigit akan memunculkan rasa daging dalam sosis berpadu bumbu atau rasa-rasa lainnya yang dimasak bersamaan dengan sosisnya. Mungkin kamu lebih suka untuk memasak sosis dengan cara menggorengnya, membakar atau memanggang sosis maka kamu bisa belajar beberapa langkah sederhana dalam memasak sosis dengan hasil yang sempurna. Nah berikut ini adalah cara memasak sosis dengan cara menggorengnya dengan baik dan benar. Kamu bisa cek ulang apakah langkah yang kamu lakukan dalam memasak sosis selama ini sudah benar atau belum? Atau bagi kamu yang belum pernah memasak sosis sendiri bisa menerapkan cara ini.

Tapi langkah-langkah berikut ini hanya berlaku untuk sosis dengan casing sosis misalnya sosis yang terbungkus dengan casing sosis Markaindo tidak berlaku untuk sosis bentuk patty atau sosis cincang yang tidak berbungkus.

Cara Memasak Sosis Goreng yang Ideal
#1 Panaskan pan di atas kompor
Nyalakan api kompor dengan nyala api sedang, letakkan wajan model pan datar di atas kompor dan tunggu beberapa menit hingga panas. Ketika pan mulai memanas yang ditandai dengan menguarkan asap dari permukaannya maka kamu sudah siap untuk memasak.

#2 Tambahkan sedikit minyak
Sosis biasanya cukup tebal dan berminyak sehingga kamu tidak perlu menambahkan lagi minyak yang terlalu banyak di pan, cukup tambahkan minyak sedikit saja. Namun jika kamu lebih suka memakan sosis yang digoreng dengan banyak minyak dan lebih krispy maka kamu bisa menambahkan minyak yang agak banyak pada penggorengan.

#3 Letakkan sosis ke dalam penggorengan saat minyak sudah panas
Dengan hati-hati letakkan sosis di dalam penggorengan satu demi satu. Jika sosis yang kita miliki memakai casing sosis Markaindo maka sosis sudah bisa langsung dimasak dan dimakan ketika sudah matang tanpa harus melalui pengupasan terlebih dahulu. Ini karena casing sosis dari Markaindo dibuat berkualitas dari kolagen sehingga aman untuk dikonsumsi langsung tanpa perlu dikupas atau dipisahkan dari sosisnya itu sendiri.


Dalam menggoreng sosis, pisahkan dengan jarak antar sosis sehingga tidak bersentuhan satu sama lain. Pemisahan seperti ini penting saat memasak agar setiap sisi sosis dapat matang seperti seharusnya tidak terhalang oleh sisi dari sosis lain. Jika sosis yang harus kita masak cukup banyak maka itu berarti kita harus memasak sosis dengan bertahap.

#4 Masak hingga kecoklatan pada kedua sisinya
Setelah meletakkan sosis di penggorengan, untuk beberapa saat biarkan sosis tetap di posisinya tanpa membalik dan mengusiknya terlebih dahulu. Baru setelah beberapa menit, balikkan sisi sosis dan balik-balikkan secara teratur setiap beberapa menit sekali hingga kedua sisi sosis menjadi kecoklatan. Waktu sosis menjadi matang dan kecoklatan ditentukan oleh ukuran sosis. Jika kamu sedang memasak sosis yang berukuran besar maka akan lebih lama juga untuk kamu menunggu proses memasak hingga sosis menjadi matang dan kecoklatan.

#5 Iris-iris sosis merata menjadi dua bagian jika ingin mengurangi waktu memasak
Proses memasak bisa sangat lama jika sosis yang kita masak juga besar dan gemuk. Menunggu sosis hingga matang mungkin dapat menyebabkan kamu bosan. Untuk mengurangi waktu memasak, jika kamu tidak sabar menunggunya matang maka sebelum meletakkan sosis ke penggorengan kamu bisa memotong sosis menjadi dua dengan potongan datar membujur sesuai panjang sosis. Karena sosis yang lebih tipis maka akan lebih cepat matang jika dimasak. Dalam proses menggoreng tekan-tekan juga permukaan sosis sehingga seluruhnya terkena panas penggorengan dan segera matang.

3 comments:

  1. Aku gagal klo goreng sosis, e pernah dong plastiknya ikut kegoreng wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau ada bungkus sosis yang bisa di makan. Karena biasanya harus di kupas kupas dulu.

    ReplyDelete
  3. Kalo saya biasanya goreng tinggal goreng aja, hehe..
    Mungkin boleh juga nih mbak cara goreng yang baik benar, mencoba biar gak asal-asalan..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...