Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

November 5, 2017

CARA MENGOBATI CACINGAN PADA ANAK YANG MEMBUAT ANAK MERASA TAKUT

pic source: pixabay.com
Ingat nggak sama iklan di tv yang menampilkan ibu peri ala dongeng-dongeng Cinderella itu? Kalau nggak salah iklan obat cacing atau iklan layanan masyarakat tentang penyakit cacingan pada anak ya. Saya bisa bilang konsep iklannya unik jadi gampang banget nempel di kepala saya, cuma sayangnya kayaknya nama obatnya itu rada susah sampai saya nggak inget itu sebenernya iklan apa. Hmm *mikir*

Teman-teman yang seumur saya pasti pernah kan melewati masa kecil yang takut cacingan. Takut kena cacingan atau bener-bener udah pernah kena, sama aja lah ya nggak mungkin ada orang yang seneng cacingan apalagi dengan imbasnya yang jelas buruk buat tubuh. Memang sejarahnya ada cerita orang-orang yang terobsesi langsing pada jaman dulu sampai rela meminum cacing agar cacing-cacing itu memakan nutrisi yang mereka konsumsi sehingga akibatnya badan mereka mengurus. Setelah mereka mencapai berat tubuh yang mereka rasa cukup, maka mereka meminum formula pembunuh cacing yang akan membunuh cacing di dalam tubuh untuk kemudian dikeluarkan bersama kotoran.

Yang punya problem dengan berat badan jangan merasa tergoda ngikutin cara ini lho, karena nggak baik buat tubuh. Cacing nggak dijamin bisa mati ketika orang-orang jaman dulu itu meminum obat yang bisa membunuh cacing, nggak sedikit kasus dimana cacing yang udah lama tinggal di tubuh mereka kuat karena menyerap banyak nutrisi sehingga tidak mati justru manusianya yang mati karena fungsi tubuhnya tidak berjalan dengan baik karena ditumpangi parasit yakni cacing. Diet sehat dan olahraga jelas lebih baik dan sama-sama bikin langsing kok, cuma niatnya aja yang kudu kenceng biar nggak yoyo :p

Seringnya penderita cacingan berasal dari kelompok usia anak-anak, mungkin karena anak-anak masih kurang aware terhadap kebersihan dan menjaga kebersihan badan mereka dan senang bermain dimanapun nggak peduli ditempat kotor maupun bersih serta cenderung bisa makan dimana saja bahkan setelah main kotor-kotoran.

Cara mengobati cacingan pada anak sudah lama diinformasikan kepada masyarakat meskipun anak-anak banyak juga yang justru merasa ngeri karena mendengar efek dari obat cacing yang mereka konsumsi. Kids have the best imagination lho, apalagi kalau kita pada orang dewasa salah mengkomunikasikan pada anak-anak ini. Kebanyakan mereka akan membayangkan kalau cacing dikeluarkan saat mereka buang air besar dalam kondisi hidup dan bergerak-gerak dengan ukuran yang besar di WC rumah mereka, makanya mereka jadi ngeri dan jadi enggan meminum obat cacing yang telah disediakan orang tua mereka.

Dulu waktu saya masih kecil saya juga mikir gitu sih, sama halnya dengan teman-teman saya. Makanya karena dikasih tahu rajin-rajin cuci tangan kalau mau makan biar nggak cacingan, saya jadi beneran rajin cuci tangan setelah itu karena takut cacingan dan ada cacing gede mirip ular yang keluar pas saya di WC gara-gara obat cacing. Itu horor, lebih horor daripada lupa nggak ngerjain PR padahal hukumannya kudu disetrap :D

Ketika anak atau adik kita yang masih kecil menderita cacingan, ini langkah-langkah yang bisa kita lakukan:
#1 Segera periksakan ke dokter
#2 Turuti terapi dan obat yang disarankan dokter
#3 Setelah beberapa waktu dan keluhan berkurang, cek kembali apakah benar cacing sudah tidak ada dalam tubuh anak/adik kita

No comments:

Post a Comment