Featured Post

CARA MENGISI DAYA POWER BANK YANG BENAR

November 7, 2017

MAKANAN MANUSIA TIDAK SELALU TEPAT UNTUK KUCING


Dari sekian banyak video yang beredar di dunia maya, video tingkah laku kucing yang aneh-aneh dan lucu adalah bagian dari favorit saya selain video bayi. Dasarnya saya memang suka kucing sih, bahkan soal dekorasi jurnal juga gitu… paling lemah deh sama sticker dan washi kucing. Hard to resist aja rasanya karena di mata saya kucing tuh selalu kelihatan terlalu imut.

Dulunya saya pernah punya kucing, hmm secara teknis bukan kucing saya sih tapi kucingnya nenek saya yang suka saya uwel-uwel juga. Kucing kampung biasa dengan bulu orange kecoklatan dan putih. Tapi dasar kucing kampung, susah banget buat dirawat karena pas masa-masa itu orang yang miara kucing nggak kayak zaman sekarang yang dimandiin dan diperhatikan groomingnya.

Apalagi hidupnya juga dikampung dan nggak dikandangin, walhasil itu kucing bisa nyelonong dengan bebas sesuka hati keluar masuk rumah setiap hari. Kalau pas nggak ada di rumah saya nggak tahu dia pergi kemana, mungkin sedang maintenance social life dia bareng kucing lain yang satu kampung kali ya. Cuma nggak pernah sih dia absen nggak pulang, nggak pernah juga nyasar.

Terus makannya seadanya banget, seadanya dalam artian kucing di rumah yang namanya si Pus (emang nggak kreatif, tapi gimana ya dia terlanjur tanggap kalau dipanggil si Pus) ini makan makanan yang sama dengan yang kita makan setiap hari. Yang dimakan bukan dry food khusus kucing yang kita bisa lihat iklannya di televisi itu seperti Whiskas makanan kucing. Jadi kalau nenek saya pas masak ikan ya makan ikan, pas masak ayam ya makan ayam, kerupuk ya kerupuk. Iya si pus juga doyan makan kerupuk lho! Entah karena memang beneran doyan atau karena kepaksa nggak ada makanan lain ya.

Si Pus bukan sekadar kucing karena usianya hampir sama dengan saya. Menurut nenek saya, Pus lahir ketika usia saya sekitar setahun tapi karena Pus kucing yang berarti usianya lebih pendek ketimbang manusia dia mati ketika saya berumur 14 atau 16 tahun. Bukan karena sakit atau apa tapi memang karena sudah tua saja apalagi Pus nggak mendapatkan perawatan kesehatan dan grooming seperti halnya kucing-kucing peliharaan masa kini.

Seorang sahabat saya baru saja hobi memelihara kucing. Dan nggak tanggung-tanggung dia langsung pelihara beberapa ekor sekaligus. Kucingnya lucu-lucu, jenis kucing peranakan yang harganya cukup mahal dan dia perhatikan dengan baik kesehatan, kebersihan dan makanannya.

Jadi kucingnya gemes-gemes dan bersih banget semuanya gitu, bikin saya pengin ikutan miara kucing yang mahalan dan lucu-lucu, siapa tahu kalau kucingnya sahabat saya beranak dianya keribetan ngurus dan ngasih buat saya adopsi gitu :) haha.

Terkait perawatan kucing, sahabat saya ngasih tahu bahwa cara ngasih makan ke kucing itu seharusnya beda dengan kita. Karena kita kan omnivore sementara kucing carnivore alias pemakan daging, makanya meskipun kucing kelihatan doyan-doyan aja sama makanan sembarang yang kita makan kayak kerupuk, roti atau apa tapi kita kudu tetap ingat bahwa kucing membutuhkan protein yang lebih banyak dua kali lipat untuk konsumsi hariannya dibandingkan dengan kita.

Sebenarnya untuk tuna, daging, ayam dan sumber protein lain seperti susu akan cukup sebagai konsumsi makanan harian kucing kok. Namun agar kucing peliharaan kesayangan kita tetap sehat dan daya tahan tubuhnya bagus, juga memerlukan nutrisi yang telah diformulasikan untuk kucing. Tentu saja takarannya nggak sama dengan manusia.

Kalau kita nggak mau ribet mau ngasih makan dan vitamin yang gimana dan seberapa banyak takarannya, mending langsung beli Whiskas makanan kucing aja.

Mengapa Whiskas?

Whiskas melengkapi kebutuhan 41 kandungan nutrisi esensial untuk menjaga kesehatan si kucing kesayangan kita. Karena telah bertahun-tahun bergerak dalam bidang makanan kucing, tentu kita bisa percayakan pada Whiskas terkait kandungan nutrisi yang diperlukan secara spesifik oleh kucing. Dengan omega 3, 6 dan dalam setiap potong Whiskas makanan kucing akan menjaga kesehatan bulu dan kulit kucing. Kandungan vitamin A untuk kesehatan penglihatan mata kucing, bahkan ada produk Whiskas yang dilengkapi dengan Hairball Control.

Apa sih hairball control ini?

Tahu dong kalau kucing cenderung sering menjilati bulu-bulunya sendiri? Setiap kali seekor kucing melakukannya maka akan semakin besar kemungkinan terbentuknya gulungan rambut dari kegiatan jilatan itu dalam perut si kucing. Whiskas Hairball Control diformulasikan untuk mengeluarkan gulungan rambut ini secara alami dari pencernaan kucing untuk menghindarkannya dari gangguan pencernaan dan gangguan kesehatan lainnya akibat tumpukan gulungan rambut dalam system pencernaannya.

Harganya tidak terlalu mahal dan praktis setiap saat dihidangkan ketika si pus merasa lapar. Kita tetap bisa juga berbagi makanan dengan kucing kok, hanya perlu diperhatikan ya bahwa tidak semua makanan kita baik untuk dimakan para kucing karena system pencernaan mereka tentu saja tidak disiapkan untuk menjadi pemakan segala seperti kita. Lebih dipilah lagi deh pokoknya biar si Pus sehat terus dan berumur panjang, kan kitanya juga yang senang :D

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tetep dong, sebaiknya lengkapi dengan Whiskas makanan kucing ya :)

2 comments:

  1. Aku jadi inget, waktu jalan-jalan ke supermarket sama adik n mamaku. Trus aku sama adikku ngelewatin lorong makanan hewan gitu dan aku liat ada si whiskas. Tak tawarin ke adikku, mau apa gak. Dia jawab mau, trus ngerengek minta dibeliin whiskas ke mamaku. Bungkusnya unyu-unyu sih, dia pikir whishkas itu semacam biskuit :D

    ReplyDelete
  2. Saya tahunya cuma whiskas aja sih nyin

    ReplyDelete