Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

August 6, 2019

CONTOH SOAL PSIKOTES DAN TIPS JAWAB SOAL PSIKOTES SELEKSI KERJA

Seperti yang sudah diketahui bahwa psikotes merupakan salah satu cara atau tahap seleksi kerja yang sering diterapkan oleh banyak perusahaan, baik perusahaan yang sudah besar maupun perusahaan yang tergolong masih pemula. Dimana tes psikotes ini bertujuan untuk mengenal karakter dari seseorang seperti personality, attitude, interest, dan intelegensi. Sehingga, hasil dari tes psikotes ini sangat berpengaruh besar untuk menentukan apakah anda cocok untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Jadi, tidak ada istilah benar salah dalam mengerjakan tes psikotes ini, melainkan hanya untuk menentukan cocok atau tidaknya anda bekerja dengan perusahaan/posisi yang dilamar.

Dalam hal ini, biasanya ada 7 jenis soal psikotes yang harus anda kerjakan. Tentunya setiap soal-soal psikotes ini membutuhkan konsentrasi yang baik dalam mengerjakannya, dan setiap masing-masing soal akan diberikan waktu yang sudah ditentukan untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, supaya anda lebih matang dalam mengerjakan tes psikotes saat melamar pekerjaan nantinya, maka sebaiknya anda mengetahui contoh soal psikotes dan tips jawabannya sebagai berikut :

1. Tes Psikotes Untuk Kemampuan Verbal
Perlu anda ketahui bahwa tes kemampuan verbal ini meliputi sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), analogi serta kolerasi makna. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anda dalam menghadapi suatu kondisi. Selain itu, tes ini juga berfungsi untuk penilaian seberapa jauh anda bisa menebak serta memahami sebab-akibat dari suatu masalah. Dalam mengerjakan tes ini anda harus mengetahui kosakata dan artinya sebanyak mungkin. Dan biasanya tes ini terdiri dari 40 soal, setiap soal tersebut berupa antonim, sinonim, serta analog dari suatu kata. Jadi, untuk mengerjakan tes ini anda harus pintar-pintar berlogika serta daya konsentrasi yang tinggi jika ingin mengerjakannya dengan sangat baik. Berikut beberapa contoh soal psikotes untuk kemapuan verbal.

Contoh Soal Untuk Persamaan Kata :

INSOMNIA = ...

Sedih
Cemas
Kenyataanya
Tidak bisa tidur
Jawabannya : Tidak bisa tidur

Contoh Soal Untuk Lawan Kata :
BONGSOR = ...
Susut
Kerdil
Macet
Menumpuk

Jawaban : Kerdil
Contoh Untuk Soal Analog
Mobil-Bensin=Pelari-....
Lintasan
Makanan
Sepatu

Jawaban : Makanan

Karena bensin adalah sumber energi bagi mobil, sedangkan makanan adalah sumber energi bagi manusia.

Untuk tips tambahan, sebaiknya anda mengerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap lebih mudah oleh anda. Supaya saat waktu habus dan anda tidak bisa mengerjakan semua soal, maka setidaknya hasil soal yang sudah anda kerjakan sudah dipastikan kebenarannya.

2. Tes Psikotes Wartegg
Tes wartegg ini merupakan hasil penemuan dari seorang psikolog berkebangsaan Jerman, yakni Ehri Wartegg. Dimana tes ini bertujuan untuk mengetahui karakter yang ada pada diri anda. Seperti kemampuan untuk menyesuaikan diri, menyelesaikan masalah, keuletan, kemauan, dan lain sebagainya. Di dalam tes ini anda akan diberikan kertas yang berisi 8 kotak yang memiliki pola berbeda-beda. Mulai dari sebuah titik hingga garis lngkung. Disini tugas anda adalah untuk menggambar dari lanjutan pola-pola yang ada dalam soal yang sesuai dengan kreativitas serta imajinasi anda. Khusus bagi kaum laki-laki maka hindari memulai menggambar dari kotak ke 5 (dibawah kotak atas pertama dan kiri), karena bisa membuat para penguji menganggap anda memiliki kelainan pada orientasi seksual anda.

Itulah beberapa contoh soal psikotes dan tips jawab soal psikotes saat seleksi kerja. Semoga dengan informasi ini anda bisa mengerjakan test psikotes dengan hasil yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment