April 5, 2019

JANGAN SEMBARANGAN, PILIHLAH OBAT DIARE ANAK YANG TEPAT DAN AMAN

Diare yang terjadi pada anak bisa saja diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya virus atau bakteri dari makanan. Ini sangat penting sekali untuk melihat seberapa pentingnya pengobatan yang diperlukan oleh anak. Secara umum sudah ada obat diare pada anak alami resep dokter yang aman dan nyaman untuk digunakan. Hal ini tentu sebagai orang tua akan lebih tenang karena sudah secara langsung dari resep dokter. Meskipun ada pula jenis obat yang memang dari alami, jadi sebagai orang tua bisa memilih sendiri mana yang membuat diare anak hilang.

Penggunaan obat jawa atau alami sering sekali membuat anak tidak nyaman, bahkan saat mengkonsumsi obat muntah anak terjadi. Inilah yang sering sekali dikhawatirkan oleh para ibu rumah tangga. Sebelumnya, Anda perlu paham terlebih dahulu beberapa penyebab dari diare pada anak seperti:
  • Infeksi virus.
  • Infeksi bakteri.
  • Infeksi parasit.
  • Alergi makanan.
  • Keracunan.
  • Penggunaan obat-obat tertentu.
  • Terlalu banyak konsumsi makanan yang buruk dan lainnya.
Secara medis, anak yang masih berada pada usia kurang dari 12 tahun masih sangat dilarang untuk mengkonsumsi obat khusus mengatasi diare. Tetapi lebih dianjurkan untuk membuat anak tetap seimbang dengan minum cukup agar tidak terjadi dehidrasi yang tinggi. Jika memang diare yang terjadi pada anak tidak kunjung membaik ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter yang lebih ahli. Tetapi sebelumnya orang tua tetap harus memastikan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab diare pada anak. Umumnya dokter akan memberikan antibiotik, larutan rehidrasi oral, antidiare ataupun probiotik.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai diare yang terjadi pada anak sehingga membuat orang tua semakin merasa khawatir. Yang paling penting seperti telah dikatakan diatas, pastikan jika anak tidak pernah dehidrasi akan masalah tersebut akibat terjadinya diare. Kemunculan dari dehidrasi sendiri bisa ditandai dengan beberapa seperti tubuh anak yang lemas, pucat, bibir yang berbeda, lidah mengering dan beberapa hal lainnya. Untuk anak usia 6 bulan, tetap pastikan asupan dari ASI yang berkualitas.

No comments:

Post a Comment