Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

January 16, 2017

PENSIUN MUDA DAN KEBEBASAN FINANSIAL? MUNGKINKAH?

Beberapa waktu yang lalu ketika saya mengikuti pelatihan brevet, tutor bercerita mengenai pengalaman beliau pensiun dini dengan segala pertimbangannya. Beliau menceritakan kehidupannya sebelum dan setelah pensiun. Mungkin pertimbangan anak sudah mandiri secara finansial juga menjadi alasan yang besar atas keputusannya mengajukan pensiun dini. 

Namun keputusan untuk pensiun dini juga harus dipikirkan secara matang terlebih ketika dalam satu keluarga yang bekerja hanya satu pihak saja misalnya. Ketika memutuskan untuk pensiun dini kita perlu memikirkan apa yang akan kita lakukan dimasa mendatang, income berapa yang dapat kita terima setiap bulan, pengeluaran apa saja yang kita butuhkan tiap bulan. Dan secara keseluruhan apakah income kita lebih tinggi dari pengeluaran ataukah sebaliknya. Jangan sampai ketika kita buru-buru memutuskan untuk pensiun dini kemudian dimasa depan kita tidak bisa mengendalikan keuangan keluarga sehingga akan menjadi boomerang terhadap keuangan keluarga. Ya kan?

Nah sambil mencari ide posting, saya sempat browsing-browsing untuk nambah literasi dan topik postingan. Saya nemu website carajadikaya.com yang namanya rada-rada unik dan nggak umum sih untuk ukuran situs keuangan. Ternyata adalah situs yang mengulas keuangan dan pernak-pernik untuk mendapatkan penghasilan lebih tinggi di masa depan melalui investasi, tabungan dan lain sebagainya. Saya juga sudah membaca ebook cara kaya dari situs ini dan menurut saya sangat berguna sih isinya. Terutama bagi kita yang sedang mempertimbangkan masa depan dan persiapan yang harus diperhatikan.

Dalam ebook tersebut ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum pensiun muda dan untuk memperoleh kebebasan finansial diusia tua, beberapa diantaranya adalah:

#1 Save money
Ketika sudah mandiri dalam finansial, menabung adalah sebuah keharusan. Menabung bisa dilakukan secara manual atau konvensional dan secara modern. Menabung secara modern yang dimaksudkan adalah misalnya mengikuti tabungan rencana. Tabungan rencana bisa untuk rencana pendidikan atau rencana dihari tua. Selain hal tersebut kita bisa mendepositokan uang kita. Dengan mendepositokan uang kita pada waktu tertentu maka uang tersebut nilainya menjadi bertambah dan bisa menjadi tambahan tabungan hari tua. Selain investasi seperti hal tersebut, kita harus memiliki dana cadangan dimana dana tersebut dikhususkan untuk menutup biaya tidak terduga karena biaya tidak terduga tidak bisa diprediksi datangnya kapan dan biasanya nominalnya juga besar untuk dapat dikategorikan sebagai biaya hidup sehari-hari.

#2 Expense reduction
Menghemat biaya merupakan hal pendukung ketika kita memutuskan untuk menabung guna menyiapkan pensiun dini. Menghemat biaya bisa dimulai dari hal paling kecil seperti mematikan kran air ketika tidak dipakai, mematikan sakelar listrik juga ketika tidak dipakai, mengganti kebiasaan menyewa DVD dengan streaming untuk menghabiskan kuota internet yang seringkali tidak terpakai, mengubah kebiasaan sehari-hari kita seperti jajan diluar atau melakukan kegiatan yang menghabiskan banyak uang.

#3 Revenue increase
Poin selanjutnya adalah meningkatkan pendapatan. Selagi masih muda, bekerjalah seperti kita akan hidup 1000 tahun lagi. Jangan pernah puas atas sebuah pencapaian, ketika pintu rezeki terbuka di beberapa pintu maka jemputlah. Seperti ketika kita menjadi pegawai tetapi dilain sisi mempunyai online shop, usaha kos dan sebagainya.

#4 Work hard
Bekerja dengan keras menjadi poin penting dalam bekerja. Dengan menunjukkan kinerja dan performa yang baik maka hal tersebut akan mendukung posisi kita diperusahaan dan tentunya akan berimbas ke jumlah gaji yang diterima bahkan naik jabatan dengan waktu yang relatif singkat.

#5 Invest in stock
Bermain saham merupakan poin kelima. Poin ini bisa jadi tidak bisa diterapkan ke semua orang karena tidak semua orang bisa bermain saham dan adanya risiko kerugian ketika kita tidak pintar dalam mengelola juga menjadi salah satu alasan tidak semua orang menggunakan poin ini. Tetapi tidak ada salahnya mencoba bukan?

#6 Now
Saatnya mengevaluasi data keuangan anda untuk melihat kesiapan anda dalam mengajukan pensiun dini. Dengan melakukan evaluasi dan analisis atas keuangan anda, anda bisa memproyeksikan seberapa siap anda dalam membuat keputusan.

3 comments:

  1. Alodita pernah mbahas ini juga, semoga aku siap.

    ReplyDelete
  2. Kalau mau pensiun dini memang banyak hal yang harus di pertimbangkan ya kak Ninda :)

    ReplyDelete
  3. wah artikel ini bagus banget sih. saya juga sering mikirin kebebasan finansial, tapi ya itu, kehambat keinginan dan laper mata hehehe

    ReplyDelete