Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

January 25, 2017

TIPS MEMELIHARA HEWAN DI RUMAH


Memelihara hewan di rumah memang menjadi banyak pilihan orang-orang untuk menjadikan suasana rumahnya menjadi lebih berwarna. Tingkah hewan yang lucu-lucu gemes apalagi kalau sudah kena dengan pemiliknya bisa mengurangi stress setelah beraktivitas seharian lho. Hewan peliharaan sendiri tidak hanya berkutat di jenis kucing atau anjing saja, namun tergantung dengan selera pemeliharanya dong.

Banyak orang yang memelihara burung, ikan, kelinci, kura-kura hingga binatang pengerat seperti hamster. Hewan-hewan ini dianggap jinak, relatif mudah dirawat dan dapat menjadi teman yang baik di waktu luang. Beberapa perumahan kini sudah sangat terbuka untuk menerima hewan peliharaan. Lihat saja contohnya beberapa perumahan dimana banyak rumah dijual di Bandung terutama yang bahkan terletak dalam kompleks yang ramah terhadap binatang peliharaan.

Bagi kamu yang sudah memiliki buah hati, memelihara hewan bersama anak dapat menjadi salah satu media pembelajaran untuk anak. Mereka bisa mempelajari berbagai anatomi hewan, tingkah laku hewan, hingga cara mereka untuk bertanggung jawab terhadap peliharaannya.

Namun, hewan peliharaan juga bisa menjadi masalah jika tidak bisa mengatur dan merawatnya. Maka dari itu, sebaiknya kamu juga memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk bisa menyiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum memelihara hewan di rumah:

Mengadopsi hewan sejak hewan tersebut masih kecil

Ketika kamu memutuskan akan mengadopsi hewan dari tempat penampungan hewan, lebih baik kamu juga memperhatikan dulu latar belakang hewan tersebut. Apakah hewan tersebut adalah hewan liar yang sudah jinak atau bagaimana? Karena akan lebih baik untuk memelihara hewan jinak dibanding hewan yang memiliki latar belakang agresif karena mungkin dapat berdampak kurang baik nanti. Selain itu, sebaiknya kamu juga lebih memilih hewan yang masih kecil namun tanpa induk. Hal ini karena anak binatang yang masih muda atau bayi, akan lebih mudah untuk diajarkan berbagai hal seperti membuang kotoran di boks atau hal lainnya untuk diterapkan di dalam rumah.

Ruang penyimpanan
Untuk hewan yang sudah beranjak dewasa, mereka akan belajar cara untuk mencari makanan sendiri dan mendapatkannya. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menempatkan makanan di tempat yang tidak terjangkau dan mengunci atau menutupnya dengan rapat. Karena jika tidak, mereka bisa mengambil makanan sendiri dan membuat rumah menjadi berantakan.

Atur ruangan
Aturlah ruangan sedemikian rupa hingga kamu dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi hewan peliharaan dan juga anak-anak. Hal ini karena, walaupun kamu senditi telah membuat peraturan untuk melarang hewan masuk ke dalam rumah, namun tetap saja tidak bisa dijamin 100 persen, karena itu lebih baik menciptakan tempat terpisah agar hewan peliharaan tetap nyaman demikian juga kita.

Memiliki Waktu Luang
Jika kamu termasuk orang dengan rutinitas yang tinggi seperti pergi kerja pagi dan pulang malam, dan anggota keluarga lainnya yang tinggal dalam rumah juga begitu, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi deh sebelum memelihara binatang. Ya kan kasihan dong binatang peliharaan kita yang nggak terawat dan terjaga dengan baik kebutuhannya ketika kamu dan keluarga beraktivitas sepanjang hari. Kasihan kan kalau kesibukan membuat kita lupa memberinya makan atau minum misalnya.

No comments:

Post a Comment