Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

January 28, 2017

PEMAHAMAN ALERGI DAN PEMICUNYA UNTUK ANTISIPASI KONDISI TERBURUK

pic source: pinterest
Terjadinya alergi disebabkan karena sistem kekebalan pada tubuh memiliki respon yang berlebih, meskipun sebagiannya memang berasal dari zat-zat yang memiliki kandungan bahan berbahaya seperti obat-obatan ataupun bahan kimia. Alergi bisa terjadi pada semua usia, namun sangat rentan diderita oleh anak-anak yang masih lemah daya tahan tubuhnya. Memiliki pemahaman alergi dan pemicunya tentunya akan sangat membantu orang tua untuk bisa lebih mengenal tentang alergi anak dan mengetahui bagaimana cara mengantisipasinya.

Selain itu, jenis alergi bila dilihat dari penyebabnya punya jenis yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis alergi yang biasa menyerang anak, yaitu di antaranya:

  • Alergi debu adalah alergi paling umum yang kerap menyerang anak-anak juga dewasa. Oleh karena itu ada baiknya penderita membiasakan diri mengenakan masker saat berada diluar ruangan.
  • Alergi hewan peliharaan sering sekali terjadi bila Anda memiliki hewan peliharaan di dalam rumah. Alergi ini biasanya disebabkan karena bulu dari hewan piaraan tersebut.
  • Alergi obat biasa ditimbulkan oleh obat yang dijual bebas dan juga obat anti infeksi, atau mungkin memang obat-obat tertentu yang ketika diminum sang penderita ternyata tidak cocok oleh beberapa kandungan tertentu yang terdapat pada obat tersebut.
  • Alergi pada makanan. Makanan seperti gandum, susu, kacang-kacangan, ikan, telur, seafood dapat menjadi penyebab alergi anak.

Salah satu jenis alergi makanan yang biasa menyerang anak adalah alergi terhadap protein susu sapi. Biasanya efek yang diakibatkan oleh alergi ini adalah pengonsumsian susu sapi harus segera dihentikan. Dan untuk menggantikan peran dari protein sebagai asupan nutrisi penting dari susu sapi, anak dapat mengkonsumsi susu yang aman untuk penderita alergi susu seperti produk susu yang berbahan dasar kedelai atau soya. Produk susu soya seperti susu SGM Eksplor Soya dapat menjadi alternatif susu pengganti yang kandungan isolat kedelainya bisa menjadi asupan nutrisi yang baik bagi anak. Dengan pemahaman dari dokter alergi anak dan pemicunya, maka orang tua bisa lebih berhati-hati dan mengantisipasi kondisi terburuk yang bisa dialami anak akibat alergi.


No comments:

Post a Comment