Featured Post

CARA MENGISI DAYA POWER BANK YANG BENAR

November 9, 2016

MPASI, KOMITMEN ANTARA IBUDANBALITA

Pesona balita memang selalu membuat gemas dan hal tersebut merupakan fenomena yang menarik perhatian masyarakat. Terlebih balita dari kalangan artis yang baru lahir saja followersnya melebihi followers instagram saya yang telah berlangganan selama beberapa tahun hahhaha *jadi iri gituu?. Ketika memperhatikan kegiatan ibudanbalita, pernah ada postingan berupa ungkapan dari sang ibu bahwa pada bulan ini balitanya memasuki waktu MPASI. MPASI merupakan ungkapan yang sering sekali saya dengar dari para ibu-ibu yang memiliki balita sebelumnya tanpa tahu detail lengkapnya dari istilah tersebut misalnya saja jenis makanan.

Pada postingan tersebut sang ibu menggambarkan MPASI dengan cukup gamblang. MPASI merupakan singkapan dari Makanan Pendamping ASI. MPASI diberikan kepada balita setelah usia balita mencapai enam bulan yang sebelumnya hanya mengkonsumsi asi saja. Pemberian MPASI dilakukan salah satunya untuk mengenalkan kepada anak makanan lain selain asi. Untuk mengetahui kapan sebaiknya balita mengkonsumsi MPASI, ibu harus memastikan balitanya memiliki ciri-ciri tertentu.

Seperti mulai tertarik pada suatu barang dan berusaha meraih barang tersebut kemudian memasukkannya ke mulut, balita dapat terduduk sendiri, balita mengalami ketertarikan pada makanan yang sedang dikonsumsi orang disekitarnya, atau balita bisa menelan ludah dan memainkannya. Ciri-ciri tersebut merupakan beberapa faktor yang dapat merujuk kapan balita dapat mengkonsumsi makanan pendamping selain asi karena pertumbuhan gigi setiap balita tidak dapat ditebak tetapi pada umumnya belita mengkonsumsi MPASI pada bulan ketujuh.

Sebelum mengenal MPASI, beberapa ibudanbalita menggunakan pisang sebagai asupan makanan. Mengenai alasan menggunakan pisang adalah karena teksturnya yang lembut dan lunak sehingga membantu balita dalam menelan makannya.

Sebagai seorang wanita yang insyaAllah calon ibu... penting bagi saya untuk mengetahui peranan MPASI untuk balita. Jadi para ibu juga perlu lho memperhatikan beberapa hal terkait bagaimana mengolah MPASI yang benar untuk balita. Oleh sebab itu berikut merupakan beberapa tips bisa dilakukan ibu dalam mengolah MPASI, apa aja nih?

Menu MPASI
Sebelum memulai waktu mengenalkan balita kepada MPASI, para ibu harus mulai rajin membaca literatur mengenai MPASI, resep MPASI dan bertukar pikiran dengan ibu atau profesional yang telah menguasai permasalahan MPASI sebelumnya. Apalagi buat yang awam seperti saya ini ya... Dalam menyusun menu setiap hari untuk balita, ibu harus teliti dalam hal kebersihan. Sejak dini mulai menyusun menu MPASI dapat mempermudah ibu dalam penerapannya. Menu MPASI sangat banyak disajikan hanya butuh menekan search button.

Jadwal mengolah MPASI
Balita memiliki siklus hidup yang berbeda dengan manusia dewasa. Balita seringkali terbangun pada dini hari atau pada jam-jam tertentu saja. Setelah mengetahui siklus kapan balita akan tidur, ibu perlu mencatat jam-jam penting tersebut guna dapat mengetahui waktu yang tepat dalam mengolah MPASI untuk balita sehingga kewajiban ibu dapat diselesaikan karena perencanaan yang matang. Hm, harus teliti ya jadinya.

Bahan MPASI
Mengolah MPASI untuk balita diperlukan bahan yang berkualitas dari segi kesehatan, yaiyalah orang dewasa aja butuh makanan sehat apalagi balita yang masih dalam proses pertumbuhan kan. Biasanya ibu belanja bahan makanan pada akhir minggu untuk stok selama satu minggu. Waktu yang sebentar untuk mengolah MPASI dapat disiasati dengan mempersiapkan bahan MPASI setiap harinya sesuai komposisi yang diinginkan ke dalam wadah. Dengan melakukan persiapan awal, ibu dapat membantu menghemat waktu mengolah MPASI tanpa panik jika balita tiba-tiba terbangun atau rewel.

Cara memasak
MPASI dapat diolah dengan dikukus atau direbus agar tetap sehat dan ramah dikonsumsi balita. Nggak mungkin kan belum apa-apa Balita udah disuruh makan goreng-gorengan mulu... Karena itu cara memasak dengan digoreng nggak disarankan dalam mengolah MPASI. Ibu dapat memilih akan menggunakan cara yang mana yang jelas cara tersebut dapat memudahkan ibudanbalita dalam menjalankan program MPASI. Cara MPASI yang lebih sederhana lagi adalah dengan menggunakan buah yang tidak perlu mengalami proses lebih lanjut lagi.

Teman-teman ada tips dan cerita soal MPASI? Share di kotak komentar dong ;D

4 comments:

  1. Nah aku lg mulai mpasi si adik.. samain kaya dulu kaina aku mulai buah dulu. Pisang...eh tapi si adik aku cobain buah naga :)) 1 macam dulu seminggu. Trus ganti lagi buah lain ^^ kenalan duluuu baru deh nasi tim

    ReplyDelete
  2. bookmark dulu ah... buat adek bayi

    ReplyDelete
  3. wah saya belom bisa share karena belom punya balita huahaha
    tapi kalo dulu ibu saya sering ngerebusin ceker terus kuah kaldunya dipake untuk bikin bubur halus. makanya saya waktu kecil guuueeeemuuuukkk buaangggettttt terus begitu kenal MPASI malah gamau susu lagi, maunya air putih aja hahaha.

    ReplyDelete
  4. Bikin mpasi itu gancil. Tinggal cemplung2 saja. Hahaha

    ReplyDelete