Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

January 29, 2018

BUAT PARA SINGLE, INI TIPS AMPUH UNTUK SEGERA BISA BELI MOBIL SENDIRI

Banyak orang bilang bahwa lebih enak menjadi single daripada berumah tangga. Benarkah hal itu? Jawabannya sangat subjektif, karena banyak lajang yang tidak lebih bahagia daripada mereka yang sudah berumah tangga. Terlepas itu, lajang memang tak memiliki beban ekonomi yang terlalu ekstrim seperti mereka yang sudah berumah tangga. Namun justru karena ‘tidak memiliki beban’, lajang biasanya menggunakan pendapatan mereka dengan sesuka hati dan kurang memikirkan target-target yang harus mereka capai di masa depan.

Kamu masih single dan masih seneng belanja-belanja dan menghabiskan penghasilan sembarangan tanpa pikir panjang? Wah jangan dong... justru karena mumpung masih single, kamu jadi banyak waktu untuk memikirkan masa depan dan investasi jangka panjang. Contohnya gimana biar penghasilan kamu dikumpulkan untuk beli mobil sendiri instead of menghabiskannya dengan hal-hal yang kurang penting?

Kamu mungkin sangat iri dengan teman-temanmu yang sudah punya mobil. Sebenarnya nggak perlu iri kok, karena kamu pun juga bisa membelinya sendiri. Asalkan kamu bisa menerapkan pola pengelolaan uang dengan tepat. Contohnya berikut ini:

· Kurangi Nongkrong
Bagi kamu yang ingin beli mobil namun masih suka nongkrong-nongkrong yang enggak jelas, sebaiknya kubur dalam-dalam impianmu tersebut. Bayangkan saja, jika gaji kamu sekitar 5 juta rupiah dan mesti keluar biaya nongkrong 2 juta rupiah dalam sebulan, kapan kamu bisa nabungnya?

Jadi jika kamu punya impian membeli mobil, minimal mobil second, kamu mesti mengurangi porsi nongkrongmu. Setiap kali kerjaanmu selesai, maka langsung pulanglah ke rumah, jangan nongkrong dulu. Jika ada teman kantor yang ngajak nongkrong, kamu cukup bilang “sorry bro, gua lagi ada keperluan keluarga” atau “ sorry bro, gua lagi enggak mood”. Jika kamu mampu mengurangi porsi nongkrong, maka kamu bisa mewujudukan impian membeli mobil lebih cepat lagi.

· Kurangi Pengeluaran untuk Hobi
Jika kamu punya keinginan membeli mobil, maka kurangilah pengeluaran untuk hobi. Khususnya bagi pria, kebiasaan mengoleksi barang-barang tertentu biasanya menyebabkan uangmu habis dalam sekejap. Bagi pria yang gemar main musik, maka ia tak akan segan-segan membeli gitar yang harganya jutaan rupiah. Kalau pria yang hobinya berkenaan dengan robot-robot karakter anime atau game, serta mengoleksi gadget terbaru misalnya, sementara jelas-jelas untuk membiayai hobi tersebut dibutuhkan budget yang tidak bisa dibilang sedikit.

Jadi kurang-kurangin lah ya, kalau sebelumnya tiap habis gajian pasti bebelian buat hobi, nah sekarang dikurangi jadi 3-4 bulan sekali. Rasakan berapa uang yang mampu kamu sisihkan untuk mobil idaman dnegan merubah sedikit kebiasaan terkait hobi. Bagi wanita ‘pun sama, sebaiknya kurangi kebiasaan membeli item-item fashion yang harganya mahal dan dalam jangka waktu cukup sering. Beli yang mahal bolehlah sekali-kali biar awet dipakai dan nggak gampang rusak, tapi jangan keseringan ya...

· Jangan Kredit
Jangan harap kamu bisa beli mobil, jika kamu masih punya cicilan rumah. Jadi bagi kamu yang masih punya cicilan rumah, segera lunasi cicilanmu tersebut. Jika kamu belum punya rumah namun ingin beli mobil, maka kamu bisa cari kontrakan terlebih dahulu. Tak hanya itu, hindari kredit barang-barang tertentu seperti ponsel, laptop, konsol game, dan lain-lain, jika kamu ingin membeli mobil dalam waktu dekat ini. Jangan sampai kamu lebih peduli dengan konsol game daripada mobil yang jelas-jelas dapat membuat hidupmu lebih nyaman dan juga lebih bergengsi. Jika ingin membeli barang tertentu, pastikan kamu membelinya secara cash ya.

· Cari Info Promo atau Diskon
Untuk menghemat budget bulanan sehingga kamu bisa menabung, sebaiknya kamu cari info promo atau diskon sesering mungkin. Sumber terbaik untuk menemukan promo atau diskon ini yaitu lewat online. Iya betul sekali, banyak sekali situs e-commerce yang menawarkan promo atau diskon dengan presentase gila-gilaan. Salah satu promo yang bisa kamu manfaatkan yaitu promo Blibli. Dengan menggunakan kode promo Blibli, kamu bisa membeli item yang kamu inginkan dengan potongan harga yang sangat fantastis. Apalagi di momen-momen tertentu, Blibli sering sekali menawarkan promo atau diskon gila-gilaan, jadi kamu harus terus update ya.

· Single Lebih Baik
Perlu kamu catat, bukan berarti kamu mesti single hanya agar bisa berhemat. Namun jika hubunganmu dengan 'seseorang yang sedang dekat' dirasa terlalu memberatkan kondisi finansialmu, apa salahnya mencoba single dulu? Sebaliknya jika kondisi secara finansial sudah matang dan memungkinkan ya apa salahnya memutuskan untuk beralih ke step selanjutnya alias menikah. Jangan salah, skill mengelola keuangan selagi single bisa jadi assetmu untuk jadi calon suami ideal loh. Karena kebanyakan para wanita dengan keinginan dan kebutuhannya yang banyak macam cenderung susah untuk berhemat, mereka memerlukan suami yang pintar mengelola keuangan (tapi nggak pelit) untuk mengerem mereka.

Memiliki mobil memang merupakan dambaan setiap orang. Namun kebanyakan orang gagal mendapatkannya karena kesulitan dalam mengelola keuangan. Jika kamu sudah ngebet ingin beli mobil, kamu wajib mengaplikasikan beberapa tips menghemat uang diatas.

No comments:

Post a Comment