Featured Post

REVIEW: DITSY NIGHTGOWN - DASTER RASA GAMIS

November 21, 2016

MANFAAT PIJAT BAYI


Pijat sendiri merupakan sebuah bentuk terapi pengobatan yang tertua dan terbukti khasiatnya di beberapa negara di seluruh dunia sekitar lebih dari 2000 tahun yang lalu. Namun terapi pijat mulai jarang digunakan karena adanya revolusi pada tahun 1940an. Tempat terapi pijat pun sudah berkembang sangat signifikan terlebih di kota besar. Beberapa pusat perbelanjaan terdapat tempat terapi pijat keluarga yang sangat nyaman dengan berbagai fasilitas yang diberikan serta harga yang terjangkau yang dibagi berdasarkan lamanya waktu terapi pijat. Disamping itu fakta menarik mengenai pijat pada bayi membuat pijat bukan lagi hal yang bersebrangan dengan norma sesuai dengan paradigma masyarakat selama ini karena tempat pijat illegal.

Sebuah pijitan hangat yang dilakukan untuk bayi memiliki banyak manfaat buat bayi. Pernyataan tersebut mulai diketahui beberapa tahun belakangan dan secara tidak langsung mempengaruhi permintaan jasa pijat bayi di masyarakat. Manfaat pijat bayi dengan manusia dewasa tidak jauh berbeda. Pijat pada manusia dewasa dilakukan sebagai bentuk relaksasi untuk menghilangkan pegal sedangkan manfaat pijat bayi dapat membuat tidur bayi lebih nyenyak karena dengan memberikan pijatan bayi dapat mengalami penurunan hormone kortisol sebagai pemicu stress kemudia akan membuat bayi menjadi lebih rileks dan tidak suka menangis, meningkatkan sistem imun karena menambah jumlah produksi darah putih yang membuat menjadi lebih sehat, menaikkan berat badan bayi, dan membuat otot bayi lebih kuat karena pijat pada bayi dapat merangsang otot motorik serta memperbaiki kekebalannya.

Memberikan pijatan pada bayi dapat menjadi mood booster untuk Ibu serta menurunkan tingkat stress karena baby blues. Gerakan yang dilakukan dalam memijat bayi dapat menstimulus hormone oksitoksin yang memberikan perasaan bahagia dan tenang pada bayi dan Ibu. Semakin sering melakukan pijat pada bayi atau dengan melakukan sentuhan tersebut ikatan antara ibu dan bayi menjadi kuat karena bayi belum bisa berkomunikasi secara langsung maupun memahami komunikasi Ibu maka sentuhan merupakan bahasa tubuh yang dapat dimengerti bayi yang dapat membuat bayi menjadi tumbuh lebih kuat dengan rasa cemas yang rendah.

Bayi yang disentuh secara rutin pun mampu melakukan kontak mata 50% lebih banyak dari yang tidak melakukan sentuhan secara rutin serta dapat menunjukkan ekspresi positif tiga kali lebih banyak dibandingkan bayi yang lain. Disamping itu sentuhan dapat membangun ikatan emosional dan intelektual bayi pada masa mendatang. Bahkan pernah beredar secara luas berita bahwa bayi premature yang dilahirkan dengan keadaan tidak normal yang mengancam nyawanya dapat hidup hingga saat ini hanya karena sentuhan ibu. Sang ibu memeluk bayi selama beberapa waktu yang kemudian membuat kesehatan bayi menjadi normal diikuti dengan tangis haru diruangan tersebut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johnson’s Global Bath Time Report jumlah orang tua di seluruh dunia yang percaya bahwa manfaat pijat bayi sangat penting bagi pertumbuhan otak anak hanya sebesar 23%. Hal tersebut berkebalikan dengan fakta bahwa sentuhan pijat yang rutin pada bayi dapat meningkatkan kemampuan kognitif, kewaspadaan, dan konsentrasi pada anak. Oleh sebab itu diharapkan ibu dapat memijat bayi setelah selesai mandi dengan pikiran positif bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan dampak positif jangka panjang untuk bayi. Ketika melakukan sentuhan berupa pijatan ibu dapat menggunakan rangkaian produk Johnson seperti baby oil dan bay lotion untuk membuat bayi menjadi lebih nyaman dan rileks.

1 comment:

  1. iyas enggak pernah dipijat bayi sampe sebesar ini :D pernah sih waktu kecilnya itupun saya pijat sendiri

    ReplyDelete